Bulan Ramadhan, Vaksinasi Covid Di Kabupaten Magelang Terus Berlanjut

BNews–MAGELANG– Meskipun Bulan Ramadhan, dan sebagian masyarakat Magelang menjalankan ibadah puasa, proses vaksinasi terus berlangsung. Dan tahapan kali ini Pemkab Magelang masih memprioritaskan vaksinasi kepada lansia.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang berharap para sasaran vaksinasi terutama para lansia ini tetap berkenan divaksinasi.

“Jadi sudah ada imbauan dan surat edaran dari MUI, vaksin itu tidak membatalkan puasa. Namun, memang sebelum divaksin persiapannya, harapannya kalau beliau puasa, dahar (makan) sahurnya diakhirkan, mendekati imsak,” ungkap Kepala Dinkes Magelang Retno Indriastuti (14/4/2021). dikutip Beritamagelang.

Menurutnya, dengan mempersiapkan diri sebelumnya maka pada saat dilakukan vaksinasi diharapkan kondisi tubuh masih segar. Tidak hanya itu, tubuh juga memiliki kekuatan yang baik untuk menerima vaksin.

“Insya Alloh kalau itu dilakukan nanti tetap sehat. Jangan lupa tetap terapkan prokes, protokol kesehatan, tetap pakai masker dimanapun berada. Kemudian jaga jarak, cuci tangan itu tidak boleh lupa,” pesannya.

Kadinkes menjelaskan, jumlah lansia di Kabupaten Magelang sangat banyak.

“Dan juga lansia itu rentan terhadap pengaruh corona virus, sehingga harapannya dengan kita lindungi lansia. Angka kesakitan juga makin menurun, juga para lansia ini tetap sehat,” harapnya.

Pendataan vaksinasi lansia dilakukan berbasis kewilayahan, dari kecamatan dan desa mendata siapa yang siap untuk divaksinasi. Kemudian diinformasikan kapan waktu dan tempatnya mendekati domisili warga tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: