Bupati: Generasi Milenial di Kabupaten Magelang Harus Ikut Bela Negara

BNews—MUNGKID Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Magelang diharapkan selalu ikut serat dalam bela negara. Khususnya para generasi milenial untuk ikut serta bela negara dalam hal mencegah penularan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, saat memperingati Hari Bela Negara Ke-72, Sabtu (19/12/2020). Dimana, bupati ikut memperingati peringatan tersebut secara daring dari Rumah Dinas di Sawitan, Kota Mungkid.

”Bela Negara dengan mencegah penularan covid di wilayah kita, cukup dengan melakukan gerakan 3M, yang bisa dikatakan implementasi aksi bela negara. Saat ini tenaga medis juga sedang mati-matian di baris terdepan melakukan aksi bela negara untuk memperjuangkan kesehatan setiap warga negara yang terpapar covid,” ungkap Zaaenal Arifin.

Menurutnya, dalam era kekinian Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) terhadap setiap warga negara terutama Generasi Milenial sangatlah penting. Karena masa depan bangsa dan negara ada di genggaman generasi milenial tersebut.

Generasi milenial hidup di era perkembangan iptek. Dan penerapan teknologi informasi sekarang ini telah merubah dunia analog menjadi dunia digital yang lebih canggih dan cepat.

”Oleh karena itu pelaksanaan PKBN di titik beratkan pada upaya literasi digital. Tidak hanya menyikapi kemampuan menggunakan perangkat-perangkat teknologi, informasi dan komunikasi. Namun juga kemampuan bersosialisasi dalam pembelajaran dan memiliki sikap berfikir kritis, kreaf serta inspiratif berdasarkan nilai-nilai bela negara,” tuturnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Melalui tema ’Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Unggul Dan Tangguh’ Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menuturkan bahwa panggilan untuk bela negara bisa dilakukan oleh siapa saja. Yakni seorang petani, guru, prajurit TNI, dokter, bidan, tenaga kesehatan, buruh, PNS, pedagang ataupun profesi lainnya.

”Seorang petani bekerja keras meningkatkan produksi adalah upaya bela negara untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Seorang guru berjuang mendidik anak-anak di kawasan perbatasan juga adalah wujud nyata bela negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Prabowo.

Menurutnya bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku baik secara perseorangan maupun secara kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah; dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai dengan kecintaannya kepada NKRI.

”Adapun nilai-nilai dasar agar menjadi landasan sikap dan perilaku warga negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara. Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara,” pungkasnya. (bsn/han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: