Candi Borobudur Dijadwalkan Libur Seminggu Sekali, Ini Alasannya

BNews—BOROBUDUR— Balai Konservasi Borobudur (BKB) menjadwalkan akan menutup kunjungan bagi wisatawan di objek wisata Candi Borobudur setiap hari Senin. Kebijakan tersebut diambil karena perlunya dilakukan perawatan dan pembersihan candi.

Pelaksana Tugas (Plt) kepala BKB Tri Hartanto mengatakan, keputusan tersebut menyesuaikan ketetapan yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jika hari Senin libur museum.

”Kita sudah dapat instruksi dari Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk hari Senin, Candi Borobudur kita istirahatkan dulu,” kata Tri disela-sela kegiatan simulasi pengaturan kunjungan di zona 1 Candi Borobudur, baru-baru ini (26/6).

”Dan dalam hari itu, akan kita lakukan pembersihan-pembersihan secara mendetail sehingga hari Selasa nampak lebih bersih. Meskipun Selasa, Rabu, Kamis sampai Minggu ada pemeliharaan. Tetapi tidak sedetail pada waktu hari libur,” sambungnya.

Meski libur yang diberlakukan setiap hari Senin hingga seterusnya, ia mengaku tetap masih menunggu perkembangan serta evaluasi.

Masih menurut Tri, apabila pandemi covid-19 mereda, Candi Borobudur akan dibuka dengan mengikuti carrying capacity.  Sementara, candi Buddha terbesar didunia itu maksimal bisa dikunjungi sekitar 128 orang per sesi. Setiap sesi berlangsung sekitar 60 menit. (han)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: