IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah

BNews—TEKNO— Bagi pemula yang ingin membuat website, ada banyak pilihan platfom gratis yang ada saat ini. Petunjuk pembuatannya pun mudah.

Tidak hanya blogspot saja yang gratis. Kini ada juga beberapa platfom yang menyediakan layanan tanpa bayar ini. Mulai dari wordpress, joomla, drupal, dan wixsite.

Langkah Pertama

Tentukan dulu jenis website yang ingin kalian buat. Misal tentang jual beli, kumpulan cerita, berita atau foto-foto. Kemudian, tentukan nama domain.

Kemudian, diperhatikan pemilihan desainnya, pilih yang simpel dan minimalis mungkin supaya mempermudah pengunjung saat melihat. Supaya saat dibuka juga tidak terlalu berat.

Cara membuat website gratis.

Cara membuat website gratis semakin mudah didapatkan, sehingga perkembangan website juga semakin meningkat. Entah dari sisi tampilan, fitur, dan lainnya. Buat kamu yang pemula, nggak perlu cemas karena cara pembuatannya ini sangat mudah dan praktis.

Loading...

1. Pilih platform website yang kamu inginkan.

Dari beragam platform gratis yang ada, kamu bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi buat kamu yang pemula, bisa memilih wordpress sebagai platform unggulan. Karena wordpress punya pengaturan, pengunduhan, cara menginstall, dan tampilan yang lebih mudah digunakan.

Selain itu, platform dari wordpress ini bisa kamu gunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga. Meskipun terlihat sederhana, wordpress juga bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis dan keperluan perusahaan.

2. Buat alamat email melalui domain dan hosting.

Domain adalah nama website yang akan kamu buat. Sedangkan hosting ialah tempat penyimpanan data atau file. Hosting punya bentuk fisik yang disebut server (seperti RAM, Prosesor, Har disk).

Pembuatan domain membutuhkan biaya, biasanya Rp 100 ribu untuk satu tahun. Kamu bisa membeli domain di web-web di pasaran. Bisa juga kamu pilih tempat penjual hosting yang akan memberikan gratisan domain, seperti .com, .org, serta .net.

Kemudian pilih nama domain dan hosting yang sesuai dan mudah diingat. Jika hanya untuk urusan pribadi dan kecil-kecilan, kamu bisa menggunakan namamu sendiri misalnya. Apabila untuk kepentingan perusahaan, gunakan nama perusahaan tersebut sebagai domain.

3. Instalasi dan modifikasi.

Setelah semua tahap selesai dilalui, langkah selanjutnya adalah menginstall dan memodifikasinya. Sekarang sudah banyak hosting sangatlah mudah, sama dengan menginstall aplikasi pada umumnya (satu kali klik).

1. Masuk pada hosting account. Klik menu control panel.

2. Klik ‘softculous Apps Installer’ dan pilih wordpress.

3. Lalu pilih ikon ‘install’.

4. Akan muncul halaman software setup, hapus kata yang berada di kolom In Directory.

5. Klik ‘install’ lagi dan tunggu sampai proses selesai.

6. Setelah selesai, website bisa digunakan.

7. Modifikasi tampilan awal website yang masih kosong. Ada banyak fitur yang bisa kamu atur sendiri. Di antaranya seperti memilih tampilan website sesuai dengan template, buat konten dengan page dan post, pilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan, dan lainnya.

Halaman utama pada website tergantung template seperti apa yang kamu pilih sebelumnya. Tapi kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama. (her/briliio)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: