CATAT…Daftar Kenaikan Tarif di 2020 : Harga Rokok Hingga BPJS

BNews—NASIONAL—Pemerintah terus melakukan kajian kenaikan sejumlah biaya/iuran untuk tahun 2020. Mulai dari kenaikan harga rokok hingga iuran BPJS Kesehatan.

Dari sejumlah sumber beberapa kenaikan yang akan terjadi di tahun 2020 diantaranya sebagai berikut :

Tarif Tol

Setidaknya ada 13 jalan tol yang tarifnya masih menunggu kenaikan hingga akhir 2019 ini. Penyesuaian tarif itu dilakukan karena sudah waktunya sesuai aturan yang ditetapkan.

Harga Rokok

Selanjutnya, ada harga rokok yang diprediksi naik tahun depan. Hal ini dipicu oleh naiknya biaya cukai yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Presiden Jokowi telah menyetujui tarif cukai rokok yang baru sebesar 23%, dan akan mulai berlaku pada Januari 2020. Keputusan tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai menggelar rapat secara tertutup di Istana Kepresidenan.

Tarif Listrik

Kenaikannya ini disebabkan oleh rencana dihapuskannya subsidi untuk pelanggan listrik rumah tangga mampu 900 VA mulai tahun depan. Imbasnya, pelanggan tersebut akan kena penyesuaian tarif mulai 2020.

Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Abumanan mengatakan, memang kebijakan pemerintah menginginkan subsidi yang lebih tepat sasaran, untuk pelanggan 900 VA adalah pelanggan yang masuk kategori rumah tangga mampu saja yang dicabut.

Iuran BPJS Kesehatan

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan akan berlaku untuk seluruh peserta setiap kategori. Kenaikan tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang.

Berikut rincian kenaikannya:

Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU)/Peserta Mandiri:

Kelas 3: naik dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per jiwa

Kelas 2: naik dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000 per jiwa

Kelas 1: naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 per jiwa.

Untuk mensikapi kenaikan itu, maka sudah selayaknya kita pandai-pandai mengatur keuangan. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: