Cendol Dawet, 15 Ribu Wisatawan Padati Pantai Parangtritis

BNews—JOGJAKARTA— Selama tiga hari ujicoba pembukaan Pantai Parangtritis, lebih dari 15 ribu wisatawan memadati objek wisata di Bantul Jogjakarta tersebut. Data tersebut dicatat Pemerintah Kabupaten Bantul mulai Sabtu (27/6) hingga Minggu (29/6).

”Paling banyak memang hari Minggu (28/6). Dimana ada 11.700 wisatawan. Sedangkan Sabtu sekitar 4.805 wisatawan. Untuk hari ini sekirar 2 ribu wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Senin (29/6).

Kwintarto menjelaskan, meski secara resmi belum membuka objek wisata, langkah uji coba ini dinilainya penting. Sebab, melalui uji coba bisa memetakan kesiapan dari wisatawan menghadapi kondisi New Normal di tempat wisata.

”Oleh karena itu, kami lakukan penarikan retribusi,” jelasnnya.

”Tujuannya, adalah mengetahui jumlah pengunjung dan sekaligus memetakan kesiapan mereka serta digunakan sebagai bahan sebelum rapat Forkominda, besok,” imbuh dia.

Dari hasil evaluasi sementara, sebagian besar wisatawan telah sadar menggunakan masker. Namun demikian, ada pula yang hanya sekadar membawa masker tapi tidak dipakai.

”Baru saat diingatkan petugas, mereka memakainya,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya merencanakan untuk memaksimalkan keberadaan petugas dan penggunaan pengeras suara di kawasan pantai tersebut. Selain itu, perlu adanya penambahan sekitar 12 petugas di kawasan Pantai Parangtritis. Mereka akan ditugaskan mengecek suhu dan mengingatkan wisatawan terkait protokol kesehatan.

”Sementara untuk kepastian kapan dibuka, kami masih menunggu rapat Forkominda besok,” imbuhnya.

Selain Pantai Parangtritis, sejumlah objek wisata di Bantul juga telah menjalani uji coba. Salah satu adalah kawasan Hutan Mangunan. (han)

About The Author

1 Comment
  1. Syamsudin says

    2 hari sebelumnya saya kesana masih sepi bgt, TPR jg masih gratis

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: