Dinas Pertanian Kabupaten Magelang Jual Cabai Harga Petani, Stabilkan Harga !!

BNews-MAGELANG- Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, permintaan cabai diperkirakan akan meningkat. Padahal stok di lapangan diketahui tak sebanyak biasanya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh menurunnya produksi cabai akibat fenomena El Nino yang mengakibatkan kurangnya pasokan air dan harga cabai yang tinggi di tingkat konsumen.

Untuk mengantisipasi hal ini, Dinas Pertanian Kabupaten Magelang bekerjasama dengan Champion Cabai Kabupaten Magelang; melakukan gerakan promosi cabai dengan harga petani.

Romza Ernawan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, menjelaskan bahwa promosi cabai dengan harga petani ini telah dimulai sejak Jumat (15/12) lalu.

Ia menyebutkan tujuan dari promosi ini adalah untuk mengantisipasi inflasi komoditas dan peningkatan permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

“Biasanya permintaan cabai meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Namun, ketersediaan cabai menurun akibat dampak dari fenomena El Nino,” katanya.

“Melalui promosi ini, kami ingin meyakinkan masyarakat bahwa persediaan cabai di Kabupaten Magelang masih mencukupi. Masyarakat tidak perlu khawatir,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dalam promosi ini, Champion Cabai Magelang menjual cabai dengan harga dasar tingkat petani. Cabai jenis rawit ori dijual dengan harga Rp.60.000 perkilonta. Hal itu lebih murah dibandingkan harga pasaran yang berkisar antara Rp.66.000-67.000.

Sedangkan cabai jenis kriting dijual dengan harga Rp.40.000 perkilonga, yang lebih murah dari harga pasaran sekitar Rp.55.000-56.000.

“Promosi harga ini berlangsung selama satu minggu, dan setiap harinya disediakan sebanyak 150-300 kg cabai dalam kemasan seperempat kiloan,” tambahnya.

Suharno, perwakilan dari Champion Cabai Magelang, menjelaskan bahwa mereka telah bekerja sama dengan; petani cabai di 9 Kecamatan di Kabupaten Magelang, yang terdiri dari 250 anggota Gapoktan binaan.

Rantai penjualan cabai yang panjang menyebabkan harga cabai melonjak tinggi dan berdampak pada harga jual yang tinggi.

“Harga jual cabai saat ini sangat tinggi, yang menyebabkan para konsumen kesulitan. Oleh karena itu, kami ingin petani tetap mendapatkan keuntungan dan harga jual tetap stabil melalui promosi ini,” tambahnya.

Selain itu, Champion Cabai Magelang juga akan mengirimkan 400 kilogram cabai ke Toko Tani Indonesia Canter dan toko Pandawa di Semarang untuk menekan harga cabai di tingkat nasional.

“Dengan penekanan harga cabai ini, kami berharap harga dapat tetap stabil dan petani dapat menikmati keuntungannya,” tandasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: