EWS Tanah Longsor Berbunyi, Ratusan Warga Dievakuasi di Grabag

EWS" Tanah Bergerang membuat tebing retak dan alat EWS Tanah Longsor Berbunyi di Grabag(24/2)--(Foto--Istimewa)

EWS" Tanah Bergerang membuat tebing retak dan alat EWS Tanah Longsor Berbunyi di Grabag(24/2)--(Foto--Istimewa)

BNews—GRABAG— Alat Early Warning System (EWS) Tanah Longsor di Dusun Kudusan Desa Tirto Kecamatan Grabag berbunyi pukul 14.00 wib (24/2). Sebanyak 134 warga di evakuasi menjauh dari lokasi tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan kejadian tersebut saat dihubungi Borobudur News.”EWS disana berbunyi sejak pukul 14.00 wib dikarenakan adanya pergerakan tanah di sekitar alat tersebut dipasang,” katanya.

“Kejadian tersebut terjadi setelah terjadi hujan dengan intensitas deras di kawasan tersebut, dan sejauh ini informasi dari lapangan potensi longsor masih,” imbuhnya.

Edy juga menyampaikan bahwa tedapat 37 KK dengan jumlah 134 warga diungsikan ke rumah-rumah warga di satu dusun yang posisinya aman. “Meskipun aman namun kita tetap antisipasi dengan mengevakuasi warga sementara ke tempat yang lebih aman sambil menunggu kajian selanjutnya,” paparnya.


Dari hasil rapat koordinasi dengan berbagai tim Gabungan mulai malam ini dilaksanakan piket pemantauan di sekitaran lokasi. “Kami juga memasang tratak dan tenda di halaman masjid sebagai posko sementara pemantauan,” pungkasnya.(bsn)

error: Content is protected !!