Gempa Dahsyat Guncang Sumatera Barat, Akibatnya Banyak Kerusakan Bangunan

BNews–NASIONAL– Getaran  hebat terjadi di kabupaten Pasaman barat Sumatera Barat akibat gempa berkekuatan 62, magnitudo.

Dua kali gempa bumi yang terjadi Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar), yaitu Magnitudo 6,2 pada pukul 08.39 WIB dan Magnitudo 5,2 pada pukul 08.35 WIB, juga terasa sampai ke dua negara tetangga Indonesia.

Yaitu, V MMI di Pasaman, IV MMI di Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang. III MMI di Padang, Payakumbuh, Aek Godang, dan Gunung Sitoli.

Kemudian, II MMI di Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan dan Bangkinang.

Malahan II MMI ini juga dirasakan di Singapura dan Malaysia.

Diketahui, skala II MMI ini berarti getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala II MMI yaitu getaran gempa dirasakan nyata dalam rumaah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebelumnya, dua gempa terjadi di Pasaman Barat. Gempa pertama terjadi pada pukul 08.35 WIB denggan M5,2 yang berlokasi di 0.14 LU, 99,99 BT atau 18 Km timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 Km.

Gempa kedua yaitu terjadi pukul 08.39 dengan M6,2 yang berlokasi di 0.15 LU, 99.98 BT atau 17 Km timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 Km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat mulai mendapatkan laporan kerusakan akibat gempa darat ini.

“Ada kerusakan di rumah-rumah warga dan di sekolah. Diperkirakan mencapai puluhan, tapi bisa saja nanti akan mencapai ratusan. Namun detail lokasi wilayahnya belum kita data secara rinci,” imbuh BPBD Pasaman, R Endra saat dihubungi haluanpadang.com.

Kemudian Endra menjelaskan, gempa yang mengguncang Pasaman pada pukul 08:35 WIB itu cukup kencang mengguncang wilayah Pasaman dan sekitarnya.

“Yang paling terasa dan yang paling kuat itu di wilayah Padang Tujuah. Mungkin disana yang banyak terjadi kerusakan karena pusat gempanya berada disitu,” katanya.

Ada juga satu kubah kecil di Mesjid Agung roboh dan tiga kubah lainnya mengalami kerusakan miring yang terletak di Simpang Empat.

“Goncangan disini dirasakan cukup kencang hingga dua kali, dan membuat warga berhamburan keluar rumah dan satu kubah kecil Masjid Agung jatuh,” kata Yosmar selaku Kabid Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Pasbar.

Kemudian, beberapa bangunan di Talu. Pasaman Barat dilaporkan rusak. Sebagian besar bangunan yang mengalami kerusakan tersebut adalah rumah warga.

Tak hanya di Pasaman dan Pasaman Barat, kerusakan di laporkan juga di Nagari Baruah Gunuang, Kabupaten Limapuluh Kota. Dimana satu tembok rumah warga setempat patah dan membuat bangunan sedikit sedikit miring. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: