Gempa Malang, Gubernur Ganjar Siap Kirim Bantuan Bila Diperlukan

BNews—JATENG— Gempa bermagnitudo 6,7 yang berpusat di 80 kilometer Barat Daya Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) turut menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menyampaikan duka mendalam atas kejadian tersebut dan siap mengirim bantuan jika diperlukan.

“Tentu ikut berduka ya karena saya mengikuti (perkembangan). Sejak tadi sore kami juga ikut merasakan (getaran) di Solo. Semoga masyarakat di Malang semua tabah, kuat semuanya,” kata Ganjar usai menghadiri acara di Hotel Lor In, Sabtu (10/4/2021) malam.

Ganjar menyatakan bahwa siap untuk mengirimkan bantuan apabila dibutuhkan. Saat ini ia masih mengkomunikasikan dengan pemerintah setempat terkait seberapa berat kondisi akibat gempa yang hanya berjarak enam hari dari bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur pekan lalu.

“Nanti kita komunikasikan dulu, seberapa kondisinya. Kita juga masih komunikasi dengan NTT (terkait banjir bandang). Insyaallah jika diperlukan, nanti akan kita bantu,” katanya.

Menurut Ganjar, kejadian serupa bisa saja terjadi di daerah lain, termasuk di Jawa Tengah. Untuk itu kondisi kedaruratan harus disiapkan dengan baik agar masyarakat bisa menghadapi bencana itu dengan baik.

“Untuk Di Jawa Tengah, kami besok (Minggu) juga akan melakukan simulasi di Kebumen untuk menghadapi potensi-potensi siklon tropis itu. Mudah-mudahan masyarakat siap memitigasi, early warning system-nya jalan, kentongannya dibunyikan lagi, jalur evakuasi dipastikan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, gempa di Malang terjadi sekira pukul 14.00. Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa berada di 80 kilometer Barat Daya Malang.

Meskipun tidak berpotensi tsunami, gempa tersebut membuat banyak bangunan mengalami kerusakan parah hingga sedang. Informasi terakhir sekitar pukul 21.30 korban meninggal akibat gempa itu dilaporkan berjumlah 6-8 orang yang tersebar di beberapa daerah. (lhr/mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: