Gugus Tugas Mengklaim Zona Merah Covid-19 Turun Hampir 50 Persen

BNews—NATIONAL—Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan zona merah Covid-19 di Indonesia menurun. Diketahui pada tanggal 1 Juni lalu, daerah dengan resiko penularan tinggi ada 108 kota/kabupaten dan saat ini telah menurun.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Doni Monardo usai rapat dengan Presiden Jokowi, pada hari ini (29/6/2020). Menurutnya, saat ini zona merah telah menurun hampir setengahnya, menjadi 57 kabupaten/kota.

“Dalam kurun waktu tiga minggu, daerah zona merah bisa berubah dari 108 menjadi 57 kabupaten/kota,” kata dia.

Doni menjelaskan, pemerintah akan fokus untuk terus menurunkan jumlah wilayah zona merah. Salah satunya dengan mengerahkan lebih banyak personel TNI dan Polri ke 57 kabupaten/kota tersebut untuk memitigasi terjadinya penularan lebih luas.

Gugus tugas di tingkat daerah, lanjut Doni, juga akan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, dan antropolog. Nantinya mereka akan mensosialisasikan mengenai bahaya Covid-19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

”Diharapkan para tokoh tersebut mampu menemukan solusi yang tepat agar masyarakat di daerah bisa memahami bahayanya serta ikut mencegah penularan virus corona.  Zonaisasi ini sangat tergantung dari tingkat kepedulian bersama, tidak cukup hanya gubernurnya atau bupati/walikotanya,” imbuhnya.

Ketika membuka rapat, Presiden Jokowi meminta jajarannya melakukan terobosan dalam menangani pandemi Covid-19. Jokowi menilai, bisa saja dilakukan dengan menambah personel atau tenaga medis dari pusat untuk provinsi-provinsi di luar DKI yang menunjukan tren penyebaran masih tinggi .

”Selain itu, provinsi yang masih berstatus zona merah juga dapat dibantu dengan lebih banyak peralatan medis,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: