HORE !! Pemkab Magelang Raih Penghargaan Program Kampung Iklim 2021

BNews–MAGELANG– Kembali penghargaan  Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2021 disabet Pemkab Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup. Penghargaan ini merupakan yang ke empat kalinya secara berturut-turut diberikan kepada Pemkab Magelang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka penyerahan penghargaan Proklim Tahun 2021 ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar secara virtual.

Bupati Magelang diwakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto, mengungkapkan rasa bangga atas raihan penghargaan Proklim dalam kurun waktu empat tahun secara berturut-turut. Ia berharap, penghargaan Proklim tersebut bisa menjadi momentum serta motivasi masyarakat atau desa dalam upaya pencegahan pemanasan global dan emisi gas rumah kaca.

“Tentunya atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penghargaan Proklim ini. Harapannya melalui penghargaan ini bisa terus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya pemanasan secara global dan emisi gas rumah kaca,” ungkap, Adi Waryanto usai acara penerimaan penghargaan Proklim Tahun 2021 secara virtual dari Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang, Selasa (19/10/2021).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo menjelaskan bahwa, Tahun 2021 ini; Kabupaten Magelang kembali mendapatkan penghargaan Proklim yang ke empat kalinya. Perolehan Penghargaan Proklim Tahun 2021 untuk Kabupaten Magelang antara lain, Bupati Magelang mendapatkan piagam apresiasi sebagai pembina Proklim Tingkat Kabupaten/Kota.

Kemudian Desa Sambak, Kecamatan Kajoran meraih tropi Proklim lestari, Desa Sawangan meraih tropi Proklim Utama; Desa Tirto Grabag meraih sertifikat Proklim Utama. Sementara 12 desa lainnya mendapatkan penghargaan Proklim Madya.

“Tahun ini Desa Sambak mendapatkan tropi Proklim lestari. Ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada desa. Sebelumnya tahun 2017 Desa Sambak ini telah mendapatkan penghargaan Proklim Utama dari KLHK, namun demikian desa tersebut tetap meningkatkan upaya mitigasi dan pencegahan pemanasan global dengan membina desa-desa lainnya, sehingga dianugerahi penghargaan Proklim Lestari,” terang, Joko Sudibyo.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan dari tahun 2016 berbagai perangkat kebijakan; dan peraturan terus dikembangkan agar Indonesia dapat memenuhi komitmen penurunan emisi gas rumah kaca dan memperkuat ketahanan dalam menghadapi perubahan iklim (ketahanan iklim).

“Komitmen yang dibangun diutamakan untuk kita dapat berperan aktif dalam menjaga keberlangsungan kehidupan di bumi; dengan cara menahan laju kenaikan suhu bumi agar dapat memenuhi ambang batas yang direkomendasikan oleh para ilmuwan,” kata, Siti Nurbaya.

Menurutnya, pada saat ini dorongan untuk memperketat laju kenaikan suhu bumi agar tidak melebihi 1,5 derajat Celcius terus menguat.

“Sehingga perlu disikapi dengan bijaksana agar kepentingan lingkungan hidup dapat berimbang sejalan dengan kebutuhan; untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat,” pungkas, Siti Nurbaya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: