Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor di Dua Titik Di Kajoran Magelang

BNews–MUNGKID– Hujan yang terjadi di wilayah Magelang dengan durasi panjang menyebabkan tanah longosor di wilayah lereng Sumbing kemarin (1/12/2021). Tepatnya di dua titik di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan terjadinya tanah longsor di Desa Sambak Kajoran tersebut.

“Tepatnya di Dusun Punduhan terdapat dua titik, namun di RT 10 dan RT 9. Waktu kejadian hampir bersamaan sekitar pukul 17.15 wib kemarin,” katanya Sabtu pagi (2/1/2021).

Akibat dua rumah rusak ringan, jalan rusak, dan beberapa rumah teracam.

“Untuk longsor di RT 10 ini mengakibatkan jalan rusak dan mengakibatkan 10 rumah terisolir. Satu rumah milik Jarwo, 52, rusak ringan, dan mengancam rumah warsidi,” imbuhnya.

“Sementara di RT 9 ini membuat satu rumah rusak ringan milik Gimah, 88. Dan saat ini 3 orang penghuninya mengungsi di rumah Warsidi, 45, tetangganya,” ujarnya.

Untuk kronologi bermula hujan intensitas sedang menuju tinggi terjadi di kawasan tersebut sejak siang hingga sore hari.

“Untuk RT 10 ini sebuah tebing setinggi 5 meter, lebar 15 meter dan ketebalan materian 1,5 meter longsor. Material longsor mengenai rumah Jarwo, dan mengancam rumah Warsidi yang jaraknya cuma 20 cm dari tebing,” paparnya.

Sementara di titik kedua, yakni di RT 09 kronologinya sama. “Di titik kedua ini tebing setinggi 6 meter dengan lebar 8 meter dan ketebalan 1,5 meter longsor. Material longsor mengenai rumah Gimah,” ungkapnya.

Edy menyampaikan juga bahwa Sabtu pagi akan dilakukan kerja bakti bersama. “Ya bersama warga, relawan, TNI dan Polri bareng-bareng membersihkan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: