HUT KOTA MUNGKID 36 PDAM

Ipda Kukuh : Admin Medsos Jangan Loloskan Berita Kebencian

BNews–MUNGKID- Admin media sosial ternyata bisa terkena ancaman hukuman pidana. Mereka dapat terancam hukuman penjara maksimal 6 tahun dan denda maksimal Rp 1 milyar.

Hal itu disebutkan pada Pasal 27 ayat 3 UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam pasal dan ayat tersebut berbunyi :

Iklan PT Segara Rizky HUT Kota Mungkid
BAPAS HUT KOKID 36

“Melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”.

”Konten berisi seperti pencemaran nama baik, ujaran kebencian, hoax ataupun asusila itu termasuk unsur-unsur yang dilanggar,” ujar Ipda Kukuh Tirda Satria Leksono selaku Kanit Borobudur Monitoring Centre (BMC) Polres Magelang (15/1/2020)

Dijelaskannya, dalam pasal tersebut terdapat tiga poit utama yakni mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya informasi. “Jadi semua postingan di grub facebook termasuk komentar dari netizen merupakan tanggung jawab admin grub facebook,” imbuhnya.

Kukuh mencontohkan, misal ada postingan ujaran kebencian, pencemaran nama baik dan sejenisnya dari sebuah akun di grup. Dimana biasanya akan menunggu konfrimasi admin jika grup tersebut di atur demikan. Jadi jika postingan tersebut lolos sehingga dapat diakses anggota grup itu sudah menjadi tanggung jawab admin.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
Loading...

“Termasuk komentar-komentar dalam postingan di grup itu juga. Mungkin sering menimbulkan pro kontra dari netizen yang biasanya tidak ada ujung penyelesaiannya, itu juga tanggung jawab admin grub,” paparnya.

Ia menjelaskannya juga, bahwa  berita yang sudah terlanjur tersebar sangat susah di klarifikasi. Sehingga dapat menimbulkan pihak-pihak yang dirugikan.

“Seandainya konten berita menimbulkan sebuah potensi perdebatan maka alangkah baiknya di banned saja,” ucapnya.

Selanjutnya dalam Pasal 45 ayat (1) UU ITE mengatur mengenai sanksi atas pelanggaran ketentuan Pasal 27 (3). Disebutkan ancaman hukuman pidana paling lama 6 (enam) tahun serta denda paling banyak Rp satu milyar.

Kukuh berharap, melalui media sosial mari kita buat situasi di wilayah magelang menjadi lebih damai, aman dan tentram. “Sebagai admin juga harus mengontrol setiap berita yang akan diposting. Sharing dahulu sebelum share,” pungkasnya. (*/bsn)

Penulis : Wahid Fahrur Annas ( Mahasiswa magang IAIN Purwokerto )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: