Jadi Korban PHP Akan Dinikahi, Wanita asal Jogja Melaporkan Kekasihnya ke Polisi

Bews—JOGJAKARTA— Gara-gara janji untuk menikahi tak kunjung ditepati, AK, 30, warga Tanggamus, Lampung, akhirnya harus berurusan dengan pihak kepolisian. Penangkapan ini atas laporan wanita bernama S, 38, warga Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Gunungkidul atas tuduhan penipuan.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto menjelaskan, kejadian berawal saat korban berkenalan dengan pelaku di akun media sosial Facebook. Sekitar bulan September tahun 2020 korban dikirimi pesan oleh akun Facebook atas nama Gery M.

”Kemudian komunikasi mereka lanjutkan melalui WhatsApp. Komunikasi di antara keduanya terus berlanjut,” kata Suryanto, Kamis (14/10).

Pada bulan Desember 2020,keduanya sepakat untuk bertemu di kawasan Malioboro, Kota Jogjakarta. Setelah bertemu, intensitas hubungan keduanya semakin dekat.

Sekitar bulan Januari 2021 sampai Agustus 2021, AK sering minta uang dari korban dengan alasan pinjam, dan untuk modal usaha. ”Pelaku juga berjanji akan menikahi korban,” jelasnya.

Pada akhirnya, S meminta tolong kepada pelaku untuk membelikan sepeda motor. Oleh pelaku, korban diminta untuk mentransfer uang yang akan digunakan untuk membeli sepeda motor.

”Pelaku berjanji akan mencarikan sepeda motor sesuai keinginan korban. Korban yang sudah terlanjur percaya kemudian memberikan uang sebesar Rp14 juta,” ungkapnya.

Namun, sepeda motor yang dijanjikan sampai saat ini belum diterima oleh korban. Saat korban menanyakan keberadaan sepeda motor Honda Vario 150 itu, pelaku tidak pernah memberitahukannya.

”Janji pelaku untuk menikahi korban tidak juga ditepati, korban yang merasa sudah tertipu akhirnya membawa dan menyerahkan pelaku ke Polres Gunungkidul,” ucapnya.

Korban mengalami kerugian total sebanyak Rp75 juta. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa kertas bukti transaksi transfer, buku rekening, ATM dan dua buah handphone. 

”Pelaku dikenakan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP, tentang penipuan dan penggelapan,” tegasnya.(ifa/han)

Sumber: Kompas

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: