Jangan Lewatkan, Malam Ini Bakal Ada Supermoon Pink

BNews—NASIONAL— Fenomena langka Bulan Purnama Perigee atau Supermoon Pink akan menghiasi langit, dini hari ini sekitar pukul 01.08 WIB. Bulan Purnama cenderung berwarna merah muda ini menjadi penampakan supermoon ketiga kalinya sepanjang tahun 2020.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, bulan akan berapa pada posisi terdekatnya dengan Bumi. Kemungkinan, satelit alami Bumi tersebut berukuran sedikit lebih besar dan lebih terang dari dua supermoon sebelumnya.

”Supermoon Pink juga menjadi yang terbesar sepanjang tahun. Ya, terbesar tanggal 8 April ini. Terbesar diantara dua supermoon yang lain,” kata Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Hendra Suwarta, selasa (7/4).

Hendra mengungkapkan, supermoon yang bisa disaksikan dipergantian hari nanti berukuran sekitar 14 persen apabila dibandingkan dengan minimoon. Supermoon Pink juga 30 persen lebih cemerlang. Sementara jaraknya dari Bumi mencapai sekitar 356.910 kilometer.

Malam ini, bulan sudah mulai besar dan sudah bisa disaksikan masyarakat. Sedang puncak terbesarnya akan terlihat 8 April, dini hari pukul 01.08 WIB,” terangnya.

Dikutip dari Instagram resmi Lembaga Antariksa Penerbangan dan Angkasa, @lapan_ri, Bulan Purnama Pink dikenal oleh suku-suku asli Amerika awal sebagai bulan purnama penuh. Menandai munculnya lumut merah muda atau phlox tanah liar yang merupakan salah satu bunga musim semi pertama.

Baca juga: Ini Perkembangan Terbaru Sebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang

Dijelaskan pula, bahwa banyak suku pesisir menyebutnya Bulan Ikan Purnama. Sebab, saat muncul di langit, waktu itu bersamaan dengan migrasi besar-besaran yang dilakukan ikan salmon menuju hulu untuk bertelur.

Kembali diungkapkan Hendra, ada alasan mengapa bulan purnama berwarna merah muda. Jelas dia, supermoon cenderung terlihat berwarna pink karena sinarnya terpantulkan oleh awan sekitarnya. Ini bisa terjadi karena Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi.

”Walaupun tidak pink sekali seperti yang kita perkirakan. Tapi memang cenderung ke arah pink,” ungkapnya.

Masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di Magelang dan sekitarnya berpeluang menyaksikan keindahan supermoon dari sekitar rumah. Dirinya menjamin, peristiwa tersebut tetap aman dari kemungkinan orang bisa terpapar virus korona yang saat ini tengah mewabah.

”Aman (dilihat) dari rumah, aman juga dari covid-19 karena lihatnya dari rumah,” pungkasnya. (han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: