Jika Abaikan 5 Nasihat Orang Tua Ini, Kamu Bakal Menyesal Seumur Hidup

BNews—MAGELANG— Orang tua hadir bukan hanya sebagai sosok manusia yang melahirkan, menafkahi. dan melindungi kita. Tetapi juga mendidik kita sebagai seorang anak di matanya.

Oleh karena itu, orang tua tak kenal lelah menyampaikan nasihat mereka untuk kita. Nasihat orang tua memang besar sekali makna dan manfaatnya, tetapi yang namanya manusia, pasti kita juga sering abai terhadap nasihat tersebut.

Berikut ini adalah lima nasihat yang tak boleh kamu abaikan agar tak menyesal di kemudian hari seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/9).

Hidup Hemat

Ketika kita kecil yang selalu didambakan adalah kebebasan, ketenangan dan hal lainnya. Kita tak terlalu mengerti apa itu uang, finansial dan sebagainya.

Tetapi setelah beranjak dewasa, kita akhirnya sadar bahwa hidup hemat itu perlu. Yang sebelumnya kita berpikir bahwa hidup itu nikmat, akan menjadi petaka apabila kita telat menyadarinya. Dimana kebiasaan kitalah yang akan membentuk masa depan kita.

Tersenyum Kepada Siapa Saja

Jangan pelit tersenyum! Dunia akan lebih cerah ketika kamu mau tersenyum kepada siapa pun.

Mungkin suatu hari kamu menemukan seseorang yang sedang mengalami hari yang buruk, dan dia merasa terbantu lewat energi positif dari senyumanmu. Buatlah dunia yang cerah lewat caramu tersenyum. Dengan begitu dunia pun akan mendukungmu atas apa pun yang kamu lakukan.

Hormat Kepada Orang yang Lebih Tua

Yang namanya orang tua tak ingin anaknya tumbuh tanpa rasa hormat kepada orang lain, apalagi yang lebih tua dari sang anak. Rasa hormat itu perlu ditanamkan, sebab semakin tua kita akan sadar bahwa dasarnya hidup rukun adalah rasa hormat antar sesama.

Dan jika kamu abai, maka lingkungan pun akan menolak kamu di kehidupan sosial dengan caranya yang tak pernah kita ketahui.

Jadilah Dirimu Sendiri

Kamu adalah kamu dan tak akan pernah menjadi orang lain. Oleh karena itu hiduplah selayaknya kamu dan jangan terpengaruh oleh siapa pun.

Ingat hal ini baik-baik. Orang tuamu menginginkan kamu yang sebenarnya, bukan kamu yang hidup dalam kepura-puraan dunia. Sebab, orang tua sudah lebih dulu sadar akan nilai kehidupan yang sebenarnya sebelum kamu mengetahuinya.

Selalu Hidup dengan Prinsip Jujur

Orang tua mana yang menginginkan anaknya hidup selalu dalam kebohongan? Kepura-puraan?

Tentu orang tua menginginkan anaknya untuk jujur dengan apa yang terjadi pada dirinya sendiri. Dengan begitu, hidup berjalan sebagaimana mestinya terjadi tanpa harus membohongi diri sendiri. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: