Jika Membangun Rumah Enak Borongan Atau Tukang Harian? Ini Penjelasannya

BNews–TIPS– Membangun sebuah rumah, ada yang bilang bahwa alternatif untuk membayar tukang borongan atau harian adalah tergantung dari item pekerjaannya. Ya benar banget , hal ini adalah umumnya tidak diketahui oleh kaum awam.

Tak hanya iitu saja, bahkan beberapa orang teknik yang berkecimpung dalam dunia konstruksi belum tentu paham secara detail. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk membangun rumah?

Melansir dar Modelrumahrumah pada Senin (17/5/2021), berikut ini telah Diadona rangkum beberapa hal yang dinilai sangat krusial sebelum memutuskan membangun rumah.

Sebagai langkah paling awal, sangat disarankan bagi . untuk meng-hire seorang tenaga ahli pengawas teknik. Nah, beberapa pihak sangat menganjurkan hal ini bahkan mengatakan adalah hukum wajib.

Yap, hal ini dikarenakan inilah kunci paling utama jika . ingin rumah jadi paling tidak 95% sesuai harapan. Tenang, kini sudah banyak kok beberapa pihak yang menawarkan jasa tenaga pengawas teknik.

Perlu diingat kalau harga membawa rupa ya. Berbicara mengenai tenaga pengawas kebanyakan jasa mulai dari 200 ribu per meter persegi bangunan rumah. Nah, ini dari mulai bangun sampai rumah jadi ya.

Sedangkan, kalau renovasi per meter perseginya mulai dari 300 ribu. Mahal? Hem, enggak juga kok. Setidaknya . nggak bakal pusing deh dalam memantau perkembangan pembengunan rumah serta biaya tak terduga yang . keluarkan. Jadi bisa lebih dikurangi dan terkelola secara baik.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk bowplank (penentuan sikuan dan level bangunan) bayar harian. Item pekerjaan ini ringan, cepat dikerjakan, namun membutuhkan keahlian khusus. Karena itu, harga borongannya pun lumayan mahal.

Sebagai contoh, untuk pekerjaan pondasi mulai dari galian sampai pasangan, serta urusan lantai bayar borongan. Item pekerjaan ini adalah berat dan memakan cukup lama waktu pengerjaan. Karena itu borongan menjadi opsi terbaik dari pada harian dalam item pekerjaan ini.

Pembesan dan pasang dinding bayar borongan. Item pekerjaan ini cukup berat dan memakan waktu lama. Tak hanya itu, diperlukan keahlian khusus juga.

Pekerjaan atap, bayar harian. pekerjaan ini ringan, cepat namun butuh keahlian yang tinggi, oleh karena itu harga borongannya cukup mahal. Contohnya saja atap baja ringan dengan genteng beton, rumah ukuran 10 kali 10 cuma butuh perhitunagn waktu penyelesaian kisaran 6 hari paling lama.

Namun, ongkos borongannya per meter persegi rata-rata 65 ribu. Jadi, kalau seminggu . habis duit 6.5 juta dong. Beda halnya dengan ongkos harian dengan 3 tukang. Per harinya 150 ribu kali 3 menjadi 450 ribu dikali 6 hari menjadi 2,7 juta saja. Hemat banyak kan .!

Pekerjaan plasteran dan acian bayar harian. Pekerjaan ini tergolong ringan namun memerlukan keahlian tinggi. Kasih target ke tukang untuk penyelesaian plaster. Kemampuan rata-rata tukang menyelesaikan plasteran per hari adalah 10 meter persegi per tukang. Sedangkan kalau borongan rata-rata per meter perseginya 30-35 ribu.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pekerjaan instalasi listrik dan pipa ini mau gak mau bayar borongan ya .. Hal ini lantaran jarang ada tukang listrik dan pipa yang bekerja secara harian.

Pekerjaan plafon, bayar harian. Ini juga pekerjaan ringan dan cepat, namun butuh keahlian tinggi. Per meter persegi, pekerjaan plafon gypsun mulai dari 50 ribu (sudah plafon dan lies plafonnya). Sedangkan rumah ukuran 10 kali 10, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, mampu diselesaikan plafonnya dengan rata-rata pengerjaan 6 hari dengan 3 orang tenaga kerja.

Pekerjaan keramik, bayar harian. Biaya keramik per meter persegi 45 ribu. Sedangkan rata-rata tukang yang bekerja rapi banget per harinya paling sedikit 5 meter persegi.

Pekerjaan kusen pintu jendela bayar ongkos borongan. Rata-rata biaya pekerjaan borongan, 1 kusen pintu jendela, 50 ribu per frame dengan pasang rata-rata 1 tukang yang kerja rapi bisa selesa 3 frame plus pasang dalam sehari.

Mungkin, itu tadi hasilnya kurang maksimal. Jadi, kalau ada 2 tukang yang bekerja, paling tidak dalam sehari mereka bisa selesakan 6 frame kusen.

Pekerjaan cat jangan bayar haran karena hasilnya bakal dilama-lamain. Langsung saja borongan satu rumah dengan kisaran harga tertentu saja. Sebagai perbandingan, kalau borong meteran, per meter persegi cat harganya 15 ribu. Kalau borongan rumah bisa dapat 20 persen lebih murah dari borongan meteran. Pembersihan jelas borongan ya .. Kalau kasih harian bisa-bisa malah bikin sakit hati nanti.

Jika . ingin rumah itu bisa jadi 95% seperti yang diinginkan, maka balik lagi buat hire tenaga pengawas ya. Yap, tenaga pengawas tahu secara pasti gambar detail, komposisi campuran yang pas, hasil finishing yang baik, serta sense dalam melihat detail rumah secara keseluruhan.

Kenapa harus 95%? Karena 5% itu adalah batas toleransi kesalahan di dalam dunia teknik sipil. Semoga bisa mengisnpirasi ya .! (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: