Kasus Pemudik Asal Banjarmasin Bakal Jadi Kluster Baru di Magelang

BNews—MAGELANG— Seorang pemudik asal Banjarmasin meninggal dunia dengan status positif Covid-19 di Kota Magelang beberapa hari lalu. Sebelum meninggal ada keluarganya yang sudah tertular dan dinyatakan positif.

Informasi yang dihimpun dari tim gugus tugas Kota Magelang, korban bersama istrinya mudik ke Magelang di Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, akhir April 2020. Kakaknya yang di Magelang, sudah dinyatakan positif Covid-19

Usia sampai di Magelang, korban kemudian ziarah ke makam leluhurnya di Kabupaten Temanggung. Mereka diketahui melakukan kontak dengan sejumlah orang. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Majid Rohmawanto menjelaskan, beberapa saat setelah ziarah, suami mengalami gejala sesak dada, kemudian dirawat di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang.

Pria tersebut dirawat dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) karena memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah dan gejala khas Covid-19. Setelah di swab ternyata positif.

“Namun sebelum hasil swab keluar, si suami meninggal dunia awal Mei 2020. Ternyata hasil swab terkonfirmasi positif Covid-19 pada 10 Mei 2020,” jelas Majid, kemarin.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Temanggung untuk melakukan tracing ke lokasi pasangan tersebut berziarah dan melakukan kunjungan di sejumlah tempat.

Majid menegaskan, setelah suami terkonfirmasi positif Covid-19, beberapa orang keluarganya ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sedangkan istri dan kakaknya yang sudah lansia diisolasi di RS Budi Rahayu Magelang karena mengalami gejala tidak enak badan sejak sepekan lalu. 

Menurutnya, tiap hari pihaknya melakukan pemantauan di lapangan melalui kader-kader kesehatan yang ada RT dan RW. Selain itu, tenaga surveilans epidemik di Puskemas terus menyisir pergerakan kasus Covid-19. Langkah ini dinilai cukup efektif untuk memantau dan menyiapkan strategi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: