Ke Magelang, Jangan Lupa Nikmati 5 Kuliner Khas yang Menggiurkan

BNews–MAGELANG– Tahukah anda bahwa ada satu kota atau Kabupaten di Indonesia yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus?


Ya, kota tersebut adalah Kabupaten dan Kota Magelang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini dikitari oleh Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Telomoyo, dan juga Menoreh.

Meski tidak memiliki bandara, anda tetap bisa datang ke kota ini melalui kota Yogyakarta atau Solo terlebih dahulu. Ada banyak penerbangan menuju dua kota tersebut menggunakan maskapai seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Citilink, dan juga maskapai lain.

Jarak antara Solo dan Magelang atau Yogya dan Magelang pun tidak terlalu jauh. Anda bisa memesan hotel yang memiliki layanan antar jemput bandara agar memudahkan. Terutama bila anda tidak membawa kendaraan pribadi sendiri. Informasi mengenai fasilitas ini bisa anda temukan dengan mudah di aplikasi Traveloka.

Lokasinya pun strategis karena berdekatan dengan kota-kota besar seperti Jogja ataupun Solo.

Pecinta gunung pastinya sangat senang datang ke Magelang karena ada lima gunung yang bisa dijelajahi. Namun jangan khawatir, meski tidak suka mendaki anda tetap bisa datang ke Magelang untuk menikmati sajian kulinernya yang lezat. Ada apa saja? Berikut rekomendasinya:

  1. Kupat Tahu Magelang
Kupat tahu
Kupat tahu

Makanan berat yang rasanya gurih manis ini sangat cocok dinikmati baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari kupat tahu adalah kupat dan juga tahu kopong yang digoreng dan diiris-iris lalu disiram dengan kuah berwarna coklat yang rasanya manis asam segar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain tahu, ditambahkan juga tauge rebus, seledri, bawang goreng, dan juga kacang goreng. Untuk tambahan, anda bisa meminta telur dadar atau protein lain yang tersedia. Penikmat Kupat Tahu Magelang sangat beragam, mulai dari rakyat biasa hingga presiden sangat menggemari kuliner yang satu ini.

Anda bisa menemukan penjual Kupat Tahu Magelang dengan mudah di Kota Magelang. Namun yang paling terkenal adalah Kupat Tahu Magelang Mojok. Anda bisa cek Google Maps untuk mengetahui lokasi persisnya.

  1. Sop Senerek Pak Parto

Menggunakan bahan dasar daging, iga ataupun buntut sapi dan juga daging ayam, Sop Senerek selalu diburu oleh pengunjung yang baru datang ke Kota Magelang. Sop yang kuahnya bening ini memang sangat terkenal kelezatannya. Segar dan juga gurih.

Padahal penampilan sop ini bisa dibilang sederhana. Hanya menggunakan piring, nasi, kuah, potongan wortel, bayam, kacang merah, dan juga perkedel kentang. Berdasarkan cerita, sop ini sesungguhnya merupakan sajian asal Belanda yang kemudian diolah dengan resep tersendiri.

Orang Belanda menyebutnya Snert Soup alias Sop Kacang Polong. Namun orang kita mencoba mengolahnya kembali dan memberinya nama Sop Senerek. Apapun itu, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi sop ini ketika datang ke Magelang.

  1. Mangut Beong Sehati
ILUSTRASI: Masakan Mangut Beong Magelang (foto: internet)

Anda mungkin sudah familiar dengan sajian yang bernama mangut. Di Yogyakarta tepatnya di daerah Bantul ada mangut lele yang terkenal kelezatannya. Nah, di Magelang mangut yang terkenal adalah Mangut Beong Sehati.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menggunakan bahan dasar ikan Beong yang digoreng kemudian dimasak kembali dengan bumbu dan dicampur santan dan diberi potongan cabai, Mangut Beong berhasil menarik perhatian khalayak pecinta kuliner. Warung penjual mangut ini sangat legendaris dan anda bisa menemukannya tak jauh dari lokasi wisata Candi Borobudur.

Sangat menyenangkan bukan, setelah berkunjung dan mengelilingi candi anda bisa mampir ke warung mangut beong sehati. Jangan lupa memesan es the agar semakin segar dan nikmat.

  1. Wedang Kacang Kebon

Jika sebelumnya adalah menu makanan berat, kali ini anda bisa mencicipi Wedang Kacang Kebon yang cocok disantap sembari mengobrol santai. Sesuai dengan namanya, wedang ini berbahan dasar kacang tanah yang direbus sampai empuk lalu disiram dengan air jahe dan ditambah gula.

Rasanya hangat tapi juga gurih. Jangan hanya menikmati wedang, anda juga bisa mencomot tahu susur, tahu bacem, dan juga gorengan lainnya sebagai tambahan.

  1. Bakmi Goreng Menayu Muntilan
Mie Goreng Magelangan
Mie Goreng Magelangan

Apakah Anda pecinta bakmi Jawa? Jika jawabannya iya, maka anda wajib mampir untuk mencicipi bakmi goreng Menayu ini. Bakminya besar-besar, dimasak dengan ayam kampung, telur bebek, dan juga bumbu bakmi khas Jawa yang lezat. Selain itu, bakmi ini dimasak di atas anglo, bukan kompor biasa.

Selain bakmi, ada juga menu lain seperti rica-rica goreng, nasi godog, bihun, dan lain-lain. Cocok untuk memenuhi kebutuhan anda. Nah, itu dia lima tempat makan yang asyik dan khas yang ada di Magelang. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: