Kemenhub Targetkan Kereta Bandara Yogyakarta Beroperasi Agustus Nanti

BNews—YOGYAKARTA— Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoperasikan Kereta Bandara Yogyakarta secara komersial. Pengoperasian ini ditargetkan pada bulan Agustus mendatang.

Direktur Prasarana Kereta Api Kemenhub, Heru Wisnu Prabowo mengatakan bahwa saat ini, kereta bandara masih dalam tahap konstruksi. Dengan progresnya telah mencapai 86 persen.

Dalam pembangunannya, Kemenhub hanya membangun jalur kereta sepanjang 5,4 kilometer. Sisanya, menggunakan jalur yang ada menuju Stasiun Tugu.

“Jadi akan menghubungkan tiga dari Stasiun Tugu ke Stasiun Solo Balapan. Operasi akan di Agustus tahun ini. Sebenarnya kontraknya sampai Desember tapi sesuai arahan Menteri kita harus cepat melayani,” ujar Heru kepada wartawan, Selasa (6/4/2021). Dilansir dari Suara.

Dia menjelaskan, kereta Bandara ini memakan biaya APBN sebesar Rp 1,1 triliun yang dibayarkan secara tahun jamak atau multiyears. Diharapkan konstruksi selesai pada bulan Juli. Sehingga pada akhir Juli dan Awal Agustus dilakukan uji coba operasional.

“Rencananya hadiah kemerdekaan kita operasikan komersial,” ucapnya.

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan, Kemenhub sendiri telah menyiapkan armada untuk kereta bandara ini. Nantinya akan menggunakan armada berupa kereta Api diesel Elektrik (KRDE).

Terdapat empat rangkaian KRDE yang siap untuk melayani masyarakat pengguna jasa KA Bandara. Adapun, masa waktu perjalanan dari Yogya selama 45 menit dengan jarak antar kereta sebanyak 30 menit setiap perjalanannya.

“Untuk tarif kami menghitung, tapi kita merencanakan paling mahal Rp 25.000 per penumpang,” pungkas Heru. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: