Kenapa Setiap Malam Jumat Dianggap Horor Oleh Masyarakat? Ini Penjelasannya

BNews—NASIONAL—Tak sedikit masyarakat Indonesia yang masih mengidentikkan Malam Jumat sebagai hari mistis dan seram. Misalnya, cerita Malam Jumat Kliwon dimana waktunya para makhluk halus berkeliaran.

Hingga ada mitos mengenai malam Jumat yang dianggap waktu paling baik untuk melakukan ritual mistis. Ternyata mitos-mitos ini sudah berkembang secara turun-temurun sejak zaman dahulu.

Tak dipungkiri, hingga kini masih saja dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di lansir dari berbagai sumber, mitos ini bermula dari tradisi masyarakat Jawa Kuno.

Mereka kerap berpuasa selama 40 hari dan puncak puasanya selalu bertepatan dengan malam Jumat Kliwon. Dalam tradisi ini, biasanya juga disiapkan beberapa sesajen yang disebarkan di berbagai tempat yang dianggap sebagai lokasi berkumpulnya makhluk tak kasat mata.

Mitos ini semakin berkembang, disaat Indonesia mengalami masa kolonial panjang di bawah pemerintah Belanda. Belanda membawa kepercayaan mistis yakni ‘Friday the 13th’.

Kepercayaan tersebut dapat diartikan bahwa setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah hari pembawa sial. Sejak itu, kepercayaan bahwa malam Jumat adalah waktu yang mistis, semakin menjadi-jadi.

Selain itu, melalui cerita dari mulut ke mulut juga menjadi cara seseorang menyebarkan pengalaman horor saat Jumat Kliwon. Kemudian melalui industri hiburan, banyak film-film yang mengangkat dan mengadaptasi tema malam jum’at ini sebagai ceritanya.

Loading...

Contohnya seperti film “Malam Jumat Kliwon” pada 1986 yang dibintangi aktris ‘horor’ legendaris Suzana. Hal ini pun tak ayal membuat kepercayaan masyarakat semakin tinggi. Masyarakat Indonesia yang menyaksikan film tersebut pun ikut terpengaruh dan percaya akan adanya hal mistis pada Jumat Kliwon. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: