KEREN !! Kelompok Paduan Suara SMAN 1 Grabag Raih Medali Emas Tingkat Internasional

BNews–MAGELANG– Setelah beberapa hari dilakukan penilaian, Kelompok Gema Smansagra Choir (GSC) paduan suara dari SMAN 1 Grabag meraih juara pertama tingkat Internasional. Yakni dalam event World Virtual Choir Festival 4 yang diadakan oleh Bandung Choral Society.

 Antaressa Swesty Kirana, selaku koordinator sie acara Gema Smansagra Choir  mengatakan pihaknya mengikuti kategori Pop and Jazz. “Kami  membawakan lagu berjudul “Tenang” dari Yura Yunita dan berhasil meraih medali emas dengan jumlah  skor 81.55,” katanya saat dihubungi Borobudurnews.com (9/9/2021).

Lomba yang diadakan secara virtual tersebut dimulai dengan acara opening ceremony pada tanggal 3 September 2021 lalu. Dan ditutup dengan acara closing ceremony pada tanggal 8 September 2021 kemarin

“Lomba dilaksanakan secara virtual dengan sistem mengirimkan hasil karya kepada pihak panitia. Untuk penilaian di lomba ini dinilai oleh beberapa juri dari dalam dan luar negeri. Kami take video dan audio dengan melaksanakan protokol kesehatan dan selalu swab antigen secara berkala,” imbuh Antaressa yang masih duduk di Kelas XII SMAN 1 Grabag tersebut.

Kelompok Gema Smansagra Choir (GSC)  ini akhirnya berhasil meraih medali emas atau juara pertama katagori tersebut. “Masing-masing anggota mendapat medali emas dan sertifikat yang bisa sangat berguna bagi kami untuk kedepannya,” imbuhnya.

Disebutkannya, dalam kelompok paduan suara tersebut terdiri dari 49 orang dari kelas 11 dan 12. Dan dibagi menjadi 4 divisi yaitu sopran, alto, tenor dan bass.

“Kami dalam lomba ini mengangkat Lagu “Tenang” dengan arranger V. Mangunsong’s dan untuk proses produksi kita selama kurang lebih 4 bulan. Akan tetapi dikarenakan kita masih dalam pandemi covid 19 latihan tidak diadakan setiap hari, mungkin seminggu 2 – 3 kali dan itu dibuat persesi,” terangnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISIINI)

Ditanya kenapa tertaring dalam bida paduan suara, Antaressa mengaku mereka  dalam padua suara belajar mengenai hobi yaitu menyanyi.


Kelompok Gema Smansagra Choir (GSC) paduan suara dari SMAN 1 Grabag meraih juara pertama tingkat Internasional

“Kami juga belajar cara  berorganisasi dengan baik, belajar kerja sama dalam tim, mengasah soft skill, dan belajar tentang memaknai kehidupan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Kelompok Gema Smansagra Choir (GSC)  ini memiliki pelatih yang bernama  Herning Bangkit Sangsoko.

“Kami juga dilatih oleh pembuat aransemen yaitu Eko Agus Kandung. Pelatih koreo paduan suara kami yaitu Agatha Larasati. Serta selalu didampingi oleh manager Gema Smansagra Choir yaitu Wisnu Dian Permana,” akunya.

Dan kenapa bisa mengikuti lomba pada event WVCF4 tersebut, Antaressa menyampaikan walaupun keadaan pandemi seperti ini pihaknya harus tetap produktif dan berkarya. Serta sebagai ajang buat mereka untuk mengasah skill paduan suara dan juga berlatih untuk tanggung jawab.

“Ya bisa menambah jam terbang dan berlatih tanggung jawab kepada diri sendiri dan juga orang lain serta bagaimana kita menyelesaikan masalah didalam organisas,” pungkasnya. (bsn)

1 Comment
  1. Varelina says

    Bangga banget

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: