Kirab Tumpeng Sego Wiwit Tutup Rangkaian Festival Candi Ngawen 2022

BNews–MAGELANG– Masih dari rangkaian Festival Candi Ngawen 2022, kegiatan kirab Sego Wiwit digelar oleh masyarakat Minggu kemarin (28/8/2022). Dimana Sego Wiwit merupakan kearifan lokal saat menyambut masa panen yang diangkat sebagai tanda kebangkitan pariwisata.

Dalam kirab tersebut, terdapat sebanyak 34 tumpeng sego wiwit diarak oleh masyarakat. Dimana berakhir di pelataran Candi Ngawen Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Sebelumnya diarak oleh warga sejauh satu kilometer dari dusun sebelah. Pesertanya tak lain adalah masing-masing RT yang saling memamerkan karya sego wiwit dengan beragam bentuk kreativitasnya.

Usai diarak, seluruhnya dipersembahkan di area Candi Ngawen. Kemudian disantap bersama-sama di luar area candi.

Nasi wiwit sendiri terdiri dari nasi gurih berbalut kluban, ikan asin, dan lengakap dengan lauk (ingkung). Selain itu dihiasi dengan bunga dan beragam lalapan.

Camat Muntilan Amin Sudrajat mengungkapkan, sego wiwit menjadi budaya yang melekat. Sebab, mayoritas warga di Desa Ngawen adalah petani.

“Sego wiwit ini dilaksanakan untuk memulai masa panen. Selain itu karena disini ada objek wisata sekaligus menjadi potensi menarik wisatawan,” katanya.

Ketua Panitia Festival Candi Ngawen Yuli Antaka Sajlis mengatakan, pihaknya hendak mengangkat kembali kearifan lokal yang sudah ada sejak dulu.

Sejarah wiwit, kata dia, dilakukan oleh petani dengan mengambil sebagian hasil panen sebagai perwujudan syukur.

“Ada pengiringnya namanya “momedi sawah”. Harapannya wisatawan tertarik dan menghidupkan homestay sekitar yang masih sepi,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: