Komunitas Sumbing Exotic Tanda Tangan MOU Untuk Saling Dukung Antar Destinasi

BNews–MAGELANG– Guna mengembangkan destinasi wisata, pelaku wisata yang tergabung dalam Komunitas Sumbing Exotic (KSE); melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Kaliangkik, Kabupaten Magelang.

Kerjasama dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, bertujuan menguatkan antar destinasi untuk saling mendukung.

“Melalui MoU ini, supaya pengelola destinasi wisata yang ada di Kecamatan Kaliangkrik saling mensport, dan melakukan kerja sama untuk mendukung antara destinasi satu dengan yang lain, dan pemerintah Kecamatan Kaliangkrik menjadi fasilitator,” kata Camat Kaliangkrik, Suparyanto usai menandatangi MoU, Senin (14/11-2022).

Ada lima destinasi wisata di Kecamatan Kaliangkrik yang menjadi KSE, yakni destinasi wisata Vepal Van Java (Butuh), Silancur Highland; Mangli Sky View, Taman Pagoda dan Wana Mukti Si Guede, ada juga Hotel and Resort Kasuari dan obyek wisata lain yang ada di Kaliangkrik.

Menurut Suparyanto, dengan MoU ini diharapkan tidak hanya sebatas Kerjasama antar destinasi wisata, tetapi bisa berkembang lebih luas.

Artinya, lanjutnya melibatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di Kaliangkrik, baik UMKM dibidang kerajinan; kuliner (makanan tradisional) dan usaha lainnya, sehingga akan berdampak pasa pertumbungan ekonomi masyarakat.

Pemarkasa MoU, Moch Haryadi menambahkan, adanya kerja sama antar pengelola wisata di Kecamatan Kaliangkrik, diharapkan bisa memberikan efek positif dalam perkembangan obyek wisata alam yang ada di Kaliangkrik. Sebab wilayah Kaliangkrik yang berada di lereng Gunung Sumbing bagian selatan, memberikan pemandangan alam yang cantik dan indah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dengan view Kaliangkrik yang pendiduknya mayoritas petani, mempunyai daya Tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Kaliangkrik. “Dari wisata alam Kaliangkrik  yang sejuk dan indah inilah, ke depan bisa mendatangkan wisatawan dari luar daerah,: kata Haryadi yang juga Sekretaris Kecamatan Kaliangkrik.

Ketua Komunitas Sumbing Exotic (KSE) Lilik Setiawan menjelaskan,  melalui Kerjasama yang baik antara pemerintah dan pelaku wisata di Kecamatan Kaliangkik, merupakan amunisi yang bagus bagi teman-teman yang sekarang mengelola obyek wisata secara mandiri, sehingga bisa lebih bersemangat untuk mempromosikan obyek wisata yang ada.

“Ini dukungan yang bagus, karena dengan kepedulian pemerintah kecamatan, membuat teman-teman lebih semangat. Harapan kami, pemerintah ikut hadir dalam memberikan motovasi bagi  teman-teman pengelola wisata,” ujar Lilik yang juga pengelola Nepal Van Java. (al)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: