Kriteria Hosting Terbaik Untuk Membuat Website

BNews—TEKNO— Masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah usaha kesulitan. Namun bagi usaha berbasis online dan website masih bertahan. Namun tetap penting memilih hosting terbaik buat website kalian

Nah berikut ini adalah kriteria jika hosting itu adalah hosting yang bisa di bilang terbaik.

Realibitas Server. Hal yang pertama kali kalian perhatikan adalah daya operasi. Kalian memerlukan web hosting yang beroperasi pada server yang kuat dan koneksi jaringan yang juga stabil. 99.5 % keatas adalah skor uptime yang sangat di sarankan. Web hosting yang memiliki apapun di bawah 99% skornya, tidak dapat diterima.


Lalu bagaimana cara mengetahui nya ?
Ada beberapa cara untuk mengetahuinya dan mendapatkan info uptime dari web hosting tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melacak web hosting kalian dengan alat monitor server. Kalian bisa menemukannya di google, sudah ada banyak sekali online tools yang bisa kalian akses secara gratis.

Jumlah Domain/ Website yang bisa kalian taruh dalam satu akun hosting
Biasanya orang orang memiliki lebih dari satu domain. Inilah sebabnya mengapa menjadi salah satu yang sangat merepotkan bila provider hosting kalian tidak bisa untuk kalian memiliki lebih dari satu domain.

Untuk mengakomodasi domain tambahan ini, kalian membutuhkan ruang hosting yang ekstra tentunya. Pilihlah perusahaan yang memungkinkan setidaknya 25 domain addon dalam satu akun.


Jika kalian masih belum yakin untuk memilih provider hosting yang bisa mengatur banyak domain sekaligus untuk kalian, cobalah pikirkan lagi untuk kalian ke depannya. Bagaimana jika kalian ingin memisahkan blog dari website utama bisnis kalian ? Kebanyankan orang sudah melakukannya. Jadi pastikan kalian telah memeriksa kapasitas domain sebelum melakukan pembelian.

Harga dari daftar pertama sampai dengan tarif lanjutan

Masalah transaksi hosting, pada hosting jenis shared biasanya harga jualnya sangatlah murah. harga awal dari pendaftaraan biasanya memang murah, akan tetapi biaya untuk perpanjangnya bisa jadi maha. Sebenarnya ini memang sudah menjadi hal normal dan menjadi bagian dari bisnis hosting.

Ketentuan Refund
Hal ini harus kalian perhatikan karena ini bisa menjadi hal yang sangat penting, karena banyak orang sudah mendaftar tapi tidak sesuai harapan yang diinginkan. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mendaftar hosting.
1. Jika kalian memilih untuk membatalkan host yang kalian dalam masa percobaan, apakah perusahaan tersebut mau dan bersedia memberikan pengembalian uang secara penuh atau refund ?
2. Lihat apa saja kebijakan pengembalian dana dari perusahaan hosting setelah trial.
3. Tanyakan apakah ada biaya untuk pembatalannya.

Backup Situs
Ada waktu dan kalanya sebuah situs tiba tiba nge crash. Tidak memungkinkan seorang hacker masuk ke blog WordPress kalian dan mengganti sebagian file index.php kalian, atau malah memungkinkan seluruh database kalian macet, atau juga server mengalami kegagalan hard disk yang sangat parah.
Jika host web kalian bisa melakukan backup situs dengan secara teratur, maka dari itu tidak ada yang perlu kalian khawatirkan saat kejadian di atas menimpa kepada kalian. Penyedia hosting kalian harus bisa memulihkan kembali isi seluruh situs kalian. Setidaknya sebagian besar isi dari situs kalian dalam waktu yang singkat.
Pada backup sendiri ada beberapa kunci pertanyaan untuk meminta host web kalian.


1. Dapatkah backup situs dilakukan dengan mudah melalui panel kontrol ?
2. Dapatkah kalian membuat auto backup situs dengan mudah melalui tugas cron atau program yang lain ?
3. Host web kalian menyediakan backup secara penuh dengan secara teratur ?
4. Dapatkah kalian mengembalikan file cadangan kalian dengan mudah ? (Ini berguna buat kalian agar tidak menunggu staff pendukung melakukannya untuk kalian selama masa hal itu terjadi).


Nah hal hal diatas adalah hal yang perlu dan wajib kalian perhatikan untuk memilih hosting ya baik. Cara diatas adalah cara yang sering di gunakan oleh orang orang untuk menguji apakah provider hosting yang akan di daftarnya adalah benar benar hosting terbaik. Hal ini juga harus kalian lakukan agar di ke depannya kalian tidak merasa kecewa dan kalian merasa nyaman dengan provider hosting pilihan kalian. (her/wan)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: