Libur Nataru, Dinkes Kabupaten Magelang Bakal Gelar Rapid Test Acak Bagi Wisatawan

BNews—MAGELANG—Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang berencana menggelar rapid test secara acak kepada wisatawan saat momen libur akhir tahun nanti. Hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan rapid test acak pada wisatawan yang berkunjung ke sekitar kawasan Candi Borobudur.

”Meski belum ditetapkan, namun kemungkinan besar nanti tempatnya di Tourist Information Center (TIC) karena berada di kawasan lokasi wisata,” katanya, belum lama ini.

Dia menjelaskan bahwa rapid test acak tersebut akan digelar dua hari yakni pada tanggal 26 dan 31 Desember 2020 mendatang. Sementara untuk jumlahnya, dia mengaku bahwa belum ada  kepastian.

”Untuk jumlahnya, tergantung random yang kita peroleh. Kalau yang kemarin itu paling tidak 150 sampel. Untuk nanti kita lihat situasinya, ya mungkin berkisar sama,” jelas dia.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyebut bahwa pihaknya terus melakukan pengecekan baik swab dan rapid secara masif. ”Jadi ini rutinitas baik hari liburan maupun tidak. Swab masif maupun rapid test. Karena ini bagian dari antisipasi kita untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata dia.

Terkait liburan akhir tahun, Zaenal mengatakan bahwa pihaknya akan membuka satu pos yang digunakan untuk mengantisipasi potensi-potensi dari kunjungan wisatawan. Pos tersebut ditempatkan di kawasan Candi Borobudur.

”Untuk wilayah Kabupaten Magelang, kita akan konsentrasikan di Borobudur. Melihat lokasi tersebut merupakan tempat wisata terbesar. Disana kita akan tempatkan satu pos untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari kunjungan wisatawan. Tentunya tidak diharapkan ada penyebaran Covid-19 saat liburan,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: