Merapi Kembali Meletus Pagi Tadi, Ini Keterangan BPPTKG

BNews—MUNGKID—Merapi kembali mengalami letusan yang disebut erupsi freatik hari ini (21/5). Tercatat hingga siang ini terjadi dua kali erupsi frekatik yakni sekitar pukul 01.29 wib dan 09.38 wib.

 

Dari rils BPPTKG Yogyakarta disebutkan untuk letusan freatik yang pertama terjadi pukul 01.29 wib dengan durasi selama 19 menit dan ketinggian kolom asap 700 meter. Hal ini teramati dari Pos Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dengan Amplitudo seismik terukur 20 mm.

 

Sedangakan lestusan yang kedua pukul 9.38 wib masih sama yakni erupsi freatik dengan durasi 6 menit dan tinggi kolom letusan 1200 m, serta arah angina ke barat. BPPTKG juga menghimbau Saat ini kejadian erupsi sudah selesai. Waspadai kejadian hujan abu, gunakan masker dan kacamata. Hindari aktivitas luar ruangan hingga kondisi hujan abu selesai.

 

Letusan pertama pagi dini hari juga menyebabkan beberapa wilayah di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang terjadi hujan abu. Diketahui Hujan abu terjadi di daerah Kemiren dan Nglumut Kecamatan Srumbung meskipun tipis.

 

Salah satu warga Kecamatan Dukun, Tari, 50 mengatakan bahwa letusan kedua ini gunung merapi Nampak dari wilayah Kecamatan Dukun karena ketutup awan putih. “Cuaca cerah dan hujan abu hingga pukul 11.00 wib ini belum sampai Dukun meskipun informasinya angina mengarah ke Barat,” katanya.

 

Hingga berita ini dirils belum ada laporan atau informasi bahwa terjadi hujan abu di wilayah Barat Merapi dan status merapi masih tetap sama Aktif Normal. Dan dari pantauan Borobudur News gunung merapi belum tampak dan tertutup awan putih meskipun letusan kedua ini sudah berakhir. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: