MPLS Daring, SMA MUTUAL Kota Magelang Beri Materi Parenting Selama Pandemi Covid-19

BNews– Magelang- Dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali, mengakibatkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jawa Tengah ditunda. Hal ini juga mengakibatkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau dulu dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Sekolah (MOS) harus dilakukan secara daring.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui ZOOM ini, berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari hari Senin (12/7/21) hingga Kamis (14/7/2021). Begitu juga yang dilakukan oleh SMA MUTUAL Kota Magelang.

Kegiatan ini bersifat wajib diikuti oleh siswa kelas X tahun pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini dijadikan pengenalan awal tentang lingkungan sekolah di SMA MUTUAL.

Namun di hari ketiga kegiatan MPLS di tahun ini berbeda dengan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya. Yakni dengan melibatkan keikutsertaan wali murid untuk mengikuti kegiatan MPLS ini. Mengapa melibatkan peran wali murid ?

Karena salah satu materi yang disampaikan saat MPLS yaitu “Parenting Selama Pandemi Covid-19”. Pandemic covid menjadi sumber stress yang dapat mempengaruhi kesehatan mental masyarakat saat ini, terlebih pada anak.

Pentingnya peran orang tua sangat diperlukan dalam pembelajaran. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama, sekolah hanya sebagai fasilitator.

“Hal ini karena sebagian besar kehidupan anak selama pandemi ini berada di lingkungan keluarga,” ungkap Dr. Riana Mashar, M.Psi selaku narasumber kegiatan MPLS.

Pemberian materi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kondisi yang sedang kita hadapi dan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, nantinya bisa dijadikan dasar untuk sinergi antara siswa, guru dan orangtua siswa untuk saling berkomitmen menciptakan situasi yang kondusif. Yakni dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik meski dalam situasi pandemi.

“Harapnnya sehingga masalah pendidikan di masa pandemi menjadi tanggung jawab bersama,” tambah Kepala Sekolah SMA MUTUAL, Icuk Salabiyati, S.S, M.Pd. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: