Mulai Hari ini, Indonesia Tipiṭaka Chanting (ITC) & Āsālha Mahāpūjā Digelar Di Candi Borobudur Magelang

BNews–MAGELANG— Mulai hari ini 8 Juli 2022, agenda Tipitaka Chanting digelar oleh Umat Buddha di kawasan CandiMendut dan Borobudur. Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama 3 hari sampai Minggu 10 Juli 2022.

Kegiatan itu adalah pembacaan kitab suci Tipitaka yang merupakan bagian kegiatan dari Pujabakti Agung Asadha. Dimana hal itu  untuk melestarikan Dhamma ajaran Budha untuk perdamaian dan kebahagiaan dunia.

Dimana Tripitaka itu sendiri terdiri dari 3 bagian yaitu Sutra Pitaka, Vinaya Pitaka, dan Abhidharma Pitaka.

Biasanya ada bagian yang akan dibaca dalam acara tersebut. Seperti biasanya bagian dari Sutra Pitaka, yang judulnya Suttapitake Majjhimanikaye Sihanadavaggo.

Biasanya kegiatan tersebut akan ditutup dengan kegiatan Pujabhakti Agung di Borobudur. Dengan diawali prosesi puja berjalan kaki, Bhakti Yatra (Devotional Walk) dari Candi Mendut pada pukul 15.00, menuju Pelataran Candi Agung Borobudur.

Untuk tahun ini kegiatan Indonesia Tipiṭaka Chanting (ITC) bersamaan dengan Āsālha Mahāpūjā.

Yakni dalam rangka memperingati Hari Suci Āsālha 2566/2022. Saṅgha Theravāda Indonesia bersama ASTINDA, MAGABUDHI, WANDANI, dan PATRIA menyelenggarakan pembacaan Tipiṭaka dan Pujabakti Agung Āsālha di Candi Borobudur. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: