Pabrik Kayu Lapis Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp2 Miliar

BNews—TEMANGGUNG— Pabrik kayu lapis PT Pundi Alam Perkasa Temanggung terbakar pada Rabu dini hari, (9/6). Tidak ada korban jiwa maupun luka. Namun kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp2 miliar.

Data yang dihimpun, kebakaran pabrik yang terletak di Jalan Pringsurat-Kranggan KM1,4 terjadi pada pukul 01.00WIB. Setidaknya enam ruang oven atau pengeringan kayu olahan di pabrik tersebut ludes dilalap api.

Saat itu, diketahui pabrik sedang ada proses produksi berupa pengeringan kayu olahan di ruang pengeringan nomor 2. Namun kemudian ada overheatdan terjadi percikan api.

Dengan cepat api menyambar barang-barang yang mudah terbakar di sekitar ruang nomor 2 tersebut dan menjalar ke sekitarnya. Termasuk tumpukkan kayu yang ada didepan ruang mengering.

”Pekerja yang sedang piket berusaha untuk memadamkan api menggunakan perlatan yang ada sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang,” kata salah satu pekerja, Tanto.

Kasi Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP Kabupaten Temanggung Rama Aditya menjelaskan, petugas langsung mengirimkan armada. Tidak kurang tiga unit mobil pemadam dan tiga unit mobil penyuplai air diterjunkan untuk memadamkan kobaran api. 

”Api berhasil dipadamkan menjelang siang,” jelas Rama.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Ari Fajar menegaskan, petugas kepolisian turut terlibat dalam pengamanan dan pemadaman api di PT PAP. Petugas menduga penyebab kebakaran adalah overheatdi ruang pengeringan.

”Api membakar ruang pengeringan 1 hingga 6. Kerugian sekitar Rp2 miliar,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: