PDAM Kota Magelang Berikan Subsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

BNews—MAGELANG— Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang akan memberikan subsidi tagihan air bagi pelanggan yang memenuhi kriteria kurang mampu mulai Mei hingga Agustus 2024. Ini merupakan program HUT ke-45 PDAM Kota Magelang sekaligus Hari Jadi ke 1.118 Kota Magelang.

“Kami ingin membantu meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan air bersih,” ujar Direktur PDAM Kota Magelang, Bambang Pulunggono, Kamis (25/4/2024) lalu.

Bambang menyebutkan, target penerima manfaat program ini sebanyak 1.148 pelanggan. Mereka termasuk golongan Desil 1 yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinsos dan Bapperida.

Tagihan yang digratiskan sebanyak 10 meter kubik pertama pemakaian per pelanggan. Nilai totalnya sekitar Rp 30 juta per bulan. Jika pemakaian lebih dari 10 meter kubik maka pelanggan hanya akan membayar sisanya.

“Kebijakan ini berlaku empat bulan, Mei sampai Agustus 2024, dan setelah itu akan dilakukan evaluasi,” imbuh Bambang.

Masih dalam rangka Hari Jadi ke-1.118 Kota Magelang, Pemkot Magelang melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga membebaskan tagihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) bagi masyarakat kurang mampu.

Kepala Bidang Pendapatan BPKAD Kota Magelang, Cuk Harry Purnomo menjelaskan, program ini untuk meringankan beban masyarakat terutama dalam kewajiban membayar pajak. Sehingga ada pengecualian pembayaran PBB-P2 untuk ketetapan Rp 10.000 kebawah.

“Artinya, meskipun itu ditetapkan, kewajiban membayar pajak digratiskan. Kalau masyarakat sudah pegang SPPT nilainya Rp 10.000 ke bawah itu bisa dicek di bank nilainya jadi nol alias gratis,” katanya.

Pihaknya mencatat ada sekitar 3.617 wajib pajak yang mendapatkan pelayanan program PBB P2 Gratis tahun 2024 ini. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: