Pekerja Migran Asal Magelang Tak Bisa Pulang ke Indonesia, Ini Sebabnya

BNews—MAGELANG—Seorang warga Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) tersangkut masalah hukum.

PMI yang diketahui berinisial R, 41, tersangkut masalah hukum terkait video yang dibuatnya sewaktu dirinya bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di negara tersebut. Hal itu pun membuatnya tidak bisa pulang ke Indonesia dan saat ini masih berada di shelter Kosulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Dubai.

”Informasi hasil komunikasi BP2MI dengan KJRI Dubai, yang bersangkutan dilaporkan oleh majikannya. Terkait pembuatan video yang dianggap perbuatan tak terpuji,” kata anggota DPRD Kabupaten Magelang, Grengseng Pamuji.

Grengseng menjelaskan, kronologi kejadian itu bermula saat R yang bekerja sebagai ART untuk mengasuh ibu dari majikan yang telah berusia sekitar 85 tahun, membuat video tentang aktivitasnya. Dalam video itu menampilkan saat R mengganti pakaian ibu majikan tersebut hingga nampak tubuh ibu itu tanpa sehelai benang pun.

Sementara menurut keterangan, video itu dibuat untuk memberitahukan kepada teman/saudara dan keluarga bahwa R  bekerja keras. Yakni untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan hasil kerjanya bukan digunakan untuk hal yang tidak berguna.

”Video itu diketahui oleh majikannya saat R habis masa kontrak kerja pada 7 Desember 2020 lalu. Ketika rencana tanggal 8 Desember 2020 mau pulang ke Indonesia, handphone milik R disita oleh majikannya,” jelas dia.

”Handphone disita karena sudah menjadi aturan di rumah majikannya tersebut. Video itu pun ditemukan. Hal itu yang membuat R terjerat dengan aturan Undang-undang yang berlaku di UEA,” sambungnya.

Loading...

Lebih lanjut, Grengseng mengungkapkan bahwa R dilaporkan oleh majikannya ke pihak berwajib. R pun ditahan dan diminta keterangan serta pertanggungjawaban atas perbuatannya tersebut.

R diancam dengan hukuman dan denda menurut perundang undangan yang berlaku. Hingga kini R masih ditahan dan belum bisa pulang ke Indonesia.  (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: