Pemerintah Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli 2021

BNews—NASIONAL— Pemerintah memperpanjang kebijakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali. Perpanjangan ini dilakukan sampai akhir Juli 2021.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Jogjakarta. Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memutuskan memperpanjang PPKM Darurat hingga akhir bulan ini.

”Tadi Rapat Kabinet terbatas yang Saya ikuti waktu saya di Sukoharjo (Jateng) sudah diputuskan Bapak Presiden dilanjutkan sampai akhir Juli PPKM ini,” kata Muhadjir saat mengunjungi Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien COVID-19 di Jogjakarta, Jumat (16/7).

Presiden Jokowi, kata Muhadjir, juga menyampaikan bahwa keputusan memperpanjang PPKM darurat ini memiliki banyak risiko.  Termasuk bagaimana menyeimbangkan antara mendisiplinkan warga menaati protokol kesehatan sesuai standar PPKM dengan penyaluran bantuan sosial.

Menutur Muhadjir, bantuan tidak mungkin ditanggung oleh pemerintah sendiri. Akan tetapi, bantuan itu gotong-royong bersama masyarakat dan sejumlah instansi lainnya.

”Bansos ini tidak mungkin ditanggung pemerintah sendiri sehingga gotong royong masyarakat. Termasuk civitas academica UGM ini di bawah pimpinan pak rektor membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat kebijakan PPKM ini, kata Muhadjir seperti dilansir Antara, Sabtu (17/7).

Ia menjelaskan, bagi-bagi masker juga perlu menjadi perhatian mengingat tidak sedikit warga yang menganggap masker sebagai barang yang mahal. Apapun istilah yang digunakan, baik PPKM Darurat atau PPKM Super Darurat, selama masyarakat melanggar protokol kesehatan, maka penanganan Covid-19 tidak akan berhasil.

”Jika tidak menyadari bahwa prokes adalah menjadi yang utama, penanganan Covid-19, ya, tidak berhasil,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan PPKM Darurat berlangsung mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Sebelum akhirnya diperpanjang sampai akhir bulan ini karena kasus Covid-19 masih sangat tinggi. (ifa/han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: