Pemkab Magelang Gelar Sentra Vaksinasi Massal Selama Tiga Hari

BNews–MAGELANG–  Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Kesehatan terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Salah satunya dengan membuka sentra vaksinasi masal bagi masyarakat di Pendopo Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, (11/10/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Sunaryo menjelaskan, vaksinasi masal dosis pertama tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 11-13 Oktober 2021 mendatang. Untuk tanggal 11 tersedia 750 dosis (online 650 dan offline 100 dosis).

“Di hari kedua jumlanya juga sama (750 dosis) dan di hari ketiga dari PKK jumlahnya ada 1000 dosis,” jelas, Sunaryo.

Sunaryo mengatakan, antusias masyarakat untuk memperoleh vaksinasi saat ini semakin meningkat. Hal tersebut terlihat dari jumlah masyarakat yang mau dengan tertib mengantri vaksinasi dosis I di Pendopo Lapangan Soepardi sejak tadi pagi (11/10).

Ia menyebutkan bahwa, capaian vaksinasi secara akumulatif di wilayah Kabupaten Magelang per tanggal 9 Oktober 2021 lalu sudah di angka 32,9 persen.

“Kita prioritaskan untuk dosis satunya dulu, karena itu sesuai dengan arahan pimpinan. Genjot dulu dosis satunya, kalau kurang nanti kita akan dibantu dan dikomunikasikan oleh Bapak Bupati kepada Provinsi,” kata, Sunaryo.

Lebih lanjut, Sunaryo menerangkan bahwa Bupati Magelang meminta agar data riil vaksinasi di Kabupaten Magelang harus sesuai dengan aplikasi (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik) SMILE, sehingga apabila terjadi kekurangan vaksin akan segera terpantau dan langsung segera dilakukan pengiriman kembali.

Untuk melakukan percepatan vaksinasi di Kabupaten Magelang, Bupati Magelang juga telah memerintahkan kepada seluruh OPD harus terlibat aktif untuk membantu dan mendorong agar target vaksinasi ini tercapai.

“Targetnya supaya vaksinasi dosis I segera mencapai 50 persen. Jadi apabila ada droping dari provinsi atau pusat misalnya sebanyak 20.000, ya sukur bisa langsung dihabisakan sehari atau dua hari. Sehingga akan segera dikirim kembali,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: