PENGUMUMAN : Jalur Pendakian Sumbing Sindoro Ditutup

BNews—MAGELANG— Dua gunung diwilayah Kabupaten Magelang dan Temanggung, Sindoro dan Sumbing resmi ditutup untuk pendakian mulai akhir pekan kemarin. Penutupan ini masih akan berlangsung hingga waktu yang belum ditentukan.

Inforamsi yang dihimpun borobudurnews.com, penutupan dilakukan dengan dasar masih ada kebakaran di wilayah kedua gunung tersebut. Penutupan dilakukan untuk meminimalisir resiko meluasnya kebakaran hutan.

“Kita juga mengantisipasi keselamatan para pendaki. Karena itu kita tutup sejak akhir pekan kemarin (21/9),” kata Administratur KPH Kedu Utara Damanhuri, kemarin.

Menurutnya, di Gunung sumbing masih terjadi kebakaran yang tak jauh dari jalur pendakian. yang melalui jalur Walitis dan jalur Pendakian Desa Banaran kabupaten Temanggung.

Sebelum ini, pihaknya sudah mengevakuasi 135 pendaki Gunung Sumbing yang terjebak di puncak gunung saat kebakaran terjadi. Namun berkat kesigapan dan ketangkasan dari tim gabungan, saat ini sebanyak 135 pendaki gunung tersebut sudah berhasil di evakuasi.

“Semua dalam kondisi selamat, mereka diangkut menggunakan mobil patroli milik Polres Temanggung,” terangnya.

Sementara itu Koordinator Organisasi Pengelola Pendakian Sindoro Kembang Arifin menambahkan, pasca terjadinya kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Sindoro, pihaknya langsung berkoordinasi dengan seluruh pengelola jalur pendakian Gunung Sindoro dan Kembang dan memutuskan untuk menutup sementara jalur pendakian. (bn1/wan)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: