PPMT UNIMMA Kembangkan Program Kantin Sehat “SEKAWAN” di SD Negeri Krogowanan

BNews-MAGELANG- Penerapan kantin sehat di sekolah dasar sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kantin sehat harus memperhatikan protokol kesehatan, menyediakan makanan yang sehat, bergizi, dan higienis, serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih.

Menurut Kemendikbud-ristek 2021, kantin dan jajanan sehat di sekolah memiliki peranan yaitu sebagai penyedia; kebutuhan berbagai makanan dan minuman bagi peserta didik, media pembelajaran tentang pangan yang aman dan bergizi, dan media penunjang kreativitas peserta didik.

Selain itu, sebagai sarana penerapan standar kebersihan dalam menyiapkan mengolah, menyajikan makanan; dalam kehidupan sehari-hari dan sarana pembentukan pola makanan bergizi seimbang.

Program kantin sehat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi jajan siswa yang sembarangan. Kantin sehat dapat membantu menyediakan makanan yang sehat, bergizi, dan higienis, sehingga mengurangi; konsumsi jajanan yang kurang sehat di lingkungan sekolah.

Pengelolaan kantin yang baik juga dapat mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih makanan, sehingga kantin sehat; dapat menjadi alternatif yang lebih baik daripada jajanan yang tidak sehat.

Melalui penerapan kantin sehat, diharapkan siswa dapat lebih memperhatikan aspek kesehatan dan gizi dalam mengonsumsi makanan di sekolah.

Maka dari itu, kelompok PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang melakukan penguatan kantin sehat “SEKAWAN”; dengan TIM PPMT ketua kelompok Dr. Galih Istiningsih, M. Pd dan anggotanya Shofia Wulan Nis Mara (Manajemen); Auretha Diva Nur Ferasari (Manajemen), Siska Yogi Septiana (Mananjemen), Asma’ulkhusna (PGSD), dan Annisa Dian Salsabila (PGSD).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Penamaan kantin sehat di SD krogowanan yaitu kantin Sekawan (Sehat Kagem Krogowanan) yang mana telah disepakati oleh beberapa wali murid dan pengurus yang hadir pada acara sosialisasi yang diselengggarakan oleh mahasiswa PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari wali murid dan beberapa guru pengurus kantin. “Kami sangat mendukung program dari mahasiswa PPMT UNIMMA ini dan kami juga berharap agar kantin di SD Negeri Krogowanan ini bisa terstruktur dan bisa lebih baik lagi. ” kata Agustina Santosa, S. Pd. Guru SD Negeri Krogowanan.

Program pengembangan kantin sehat “SEKAWAN” di SD Negeri Krogowanan dilaksanakan 30 hari yang dimulai sejak Desember lalu.

Dengan penerapan kantin sehat dan upaya mengurangi jajanan siswa yang sembarangan, diharapkan kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan mendukung kesehatan dan kecerdasan siswa. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: