Ramadhan Tiba, Berikut Persiapan Masak Biar Lebih Praktis

BNews—TIPS— Ramadhan sudah tiba, ini artinya umat muslim tengah melaksanakan ibadah puasa. Bicara tentang puasa, tentunya diperlukan berbagai persiapan untuk memasak menu sahur maupun berbuka.

Persiapan ini diperlukan agar ketika memasak bisa lebih mudah. Selain itu juga bisa mempercepat untuk menyiapkan hidangan, ketika tidak memiliki banyak waktu.

Dilansir dari berbabagai sumber, berikut ini berbagai persiapan Ramadhan agar kegiatan memasak lebih praktis.

Siapkan bahan makanan sebelumnya

Buatlah perencanaan menu makanan untuk hidangan berbuka ataupun sahur beberapa hari kedepan. Lengkapi juga dengan menu takjil supaya lebih menarik.

Cara ini dapat memudahkan Anda untuk mempersiapkan menu berbuka atau sahur.

Belanja bahan makanan sesuai perencanaan menu

Selesai memiliki daftar menu, Anda bisa berbelanja sesuai kebutuhan. Baiknya belanja setidaknya untuk satu minggu ke depan agar lebih praktis dan hemat. 

Di samping itu, hal tersebut juga dapat mengurangi intensitas keluar rumah mengingat situasi masih dalam masa pandemi.

Simpan makanan untuk sahur dan buka puasa berikutnya

Bila di malam sebelumnya Anda telah memasak makan dan masih tersisa, tempatkan dalam tempat makan dan simpan di kulkas. Anda dapat menghangatkan kembali untuk hidangan saat sahur dan buka puasa hari berikutnya.

Siapkan lauk kering

Menu lauk kering seperti kering tempe, abon dan serundeng bisa disiapkan guna menu ‘jaga-jaga’. Hal ini sebagai salah satu langkah antisipasi bila Anda tidak sempat untuk memasak hidangan.

Siapkan frozen food

Sama seperti lauk kering, frozen food pun bisa menjadi menu ‘jaga-jaga’ saat tengah buru-buru atau tidak sempat memasak.  Contohnya nugget ayam, dimsum, bakso, maupun ayam ungkep yang dibekukan.  (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: