Redam Konflik, Ciptakan Damai dan Wujudkan Keserasian Sosial Melalui Sarana Olahraga di Magelang

BNews—PAKIS— Program keserasian sosial terus dicanangkan oleh Kementrian Sosial. Terbaru melalui Dinas Sosial Pemprov Jateng bersama Anggota DPR RI KH. Muslich Zaenal Abidin diresmikan sarana prasarana olahraga bola voly di Dusun Nglarangan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Kemarin, program ini telah diresmikan. Hadir dalam kegiatan itu, diantaranya perwakilan Kementerian Sosial RI, Anggota DPR RI Komisi VIII, Dinas Sosial Provinsi Jateng, Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Camat beserta forkonpimcam Pakis. Juga Tenaga Pelopor Perdamaian Jateng, Kapolsek Pakis dan Danramil Pakis, Perangkat Desa Banyusidi dan FKS Lingkar Dharma Jati.

Sebelumnya lapangan bola voly ini dibangun oleh Kementrian Sosial RI dengan anggaran yang berasal dari program Keserasian Sosial Tahun 2020. Program ini diperuntukkan untuk penanggulangan konflik di masyarakat.

Kabupaten Magelang sendiri merupakan salah satu barometer percontohan di Provinsi Jawa Tengah sebagai wujud menciptakan tunas pelopor perdamaian bagi para pemuda. Di desa ini, kegiatan tersebut diberikan kepada Forum KS Lingkar Dharma Jati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Usai peresmian, juga digelar kegiatan saresehan. Sebagai pembicara diantaranya Anggota DPR RI KH. Muslich ZA, Kabid Limjamsos Dinsos Provinsi Jateng Drs.sarjimo,M.Si, Kabid Limjamsos Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang Dian Hermawan,S.Sos, Camat Tegalrejo M.Taufiq,SH.MH,Kepala Desa Banyusidi Yuwono dan Tenaga Pelopor Provinsi Jateng Andi Arifin.

KH.Muslich ZA mengatakan bahwa konflik merupakan salah satu sumber dari perpecahan, sehingga perlu adanya sarana untuk mencegah hal tersebut. “Dengan ada potensi pemuda yang berjiwa olahraga di wilayah ini,maka tepatlah untuk diadakan pembangunan lapangan bola volly ini,” katanya,

Drs. Sarjimo, M.Si berpesan agar sarana ini menjadi awal dan momentum bagi para pemuda untuk mengisi kembali kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan yang positif dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat kebudayaan di nusantara.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dian Hermawan, S.Sos menambahkan pembangunan sarana olahraga ini digelar secara gotong royong. Dimana merupakan salah satu nilai kebersamaan yang harus terus dilestarikan sehingga dapat tercipta kerukunan dalam masyarakat.

M.Taufiq. SH. MH menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat hasil dari kegotong royongan ini.
“Kegiatan ini tidak serta merta selesai, tetapi hari ini merupakan awal dari tugas kita bersama untuk tetap menjaga masyarakat agar tetap damai,aman dan sejahtera,” katanya.

“Kami selaku penerima manfaat dari program ini,sangat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah sangat membantu dalam proses pembangunan,sehingga program ini dapat terealisasi dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Banyusidi, Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang,” kata Yuwono selaku Kepala Desa Banyusidi.

Andi Arifin selaku Tenaga Pelopor Perdamaian Provinsi Jateng berkomitmen akan selalu membantu pemerintah Kepolisian dan TNI untuk menjaga kedamaian di masyarakat.

Salah satunya dengan memunculkan tunas muda pelopor perdamaian di Kabupaten Magelang,sesuai dengan tema kegiatan ini “Redam Konflik,Ciptakan Damai,Wujudkan Keserasian”. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: