Selain Candi Borobudur, Ini 10 Wisata Alam Ter Epic di Magelang

BNews–MAGELANG– Magelang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan banyaknya candi dan wisatanya.

Oleh karena itu, keberadaan candi ini yang menambah daftar Magelang sebagai kota penuh sejarah. Serta Borobudur menjadi salah satu tujuan utama wisata di Magelang.

Meski begitu, daerah ini khususnya Kabupaten Magelang juga unggul dalam hal wisata alamnya.

Beragam tempat wisata alam menawan bisa kamu temukan dengan mudah di Magelang.

Untuk kamu yang kebetulan berada di Magelang,Borobudurnews.com  telah merangkumkan daftar rekomendasi wisata alam yang bisa menjadi referensi liburanmu.

Tentunya wisata alam ini berada di sekitaran lereng gunung Merapi, Merbabu maupun Sumbing. Karena wilayah Kabupaten Magelang juga dikenal dengan dikelilingi dengan gunung dan pegunungan yang indah.

1. Ketep Pass

NEWS: Objek Wisata Ketep Pass Magelang
NEWS: Objek Wisata Ketep Pass Magelang (Foto: Internet)

Ketep Pass sering dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing dari ketinggian lewat gardu pandang.

Menawarkan pesona alam yang tiada duanya, Ketep Pass juga memiliki museum vulkanologi hingga volcano theater. Wisatawan bisa mengenal Gunung Merapi lebih dekat. Jadi, tertarik untuk ke sini gak?

2. Air Terjun Kedung Kayang

Salah satuspot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto-- @yosafatyk )
Salah satu spot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto– @yosafatyk )

Masih seputar pesona keindahan Gunung Merapi, namun kali ini kamu akan ditemani gemercik air terjun dari Air Terjun Kedung Kayang. Keelokan air terjun ini dapat kamu saksikan dari ketinggian melalui gardu pandang.

Namun, buat yang ingin merasakan lebih dekat, kamu bisa menikmatinya dengan menuruni anak tangga. Bisa dibilang ini merupakan sebagai salah satu destinasi wisata yang menawarkan paket lengkap. Jangan sampai dilewatkan, ya!

3. Curug Silawe

EKSOTIS: Air Terjun Curug Silawe di kaki Gunung Sumbing. (Foto: Istimewa)
EKSOTIS: Air Terjun Curug Silawe di kaki Gunung Sumbing. (Foto: Istimewa)

Belum puas dengan keindahan air terjun di Magelang? Tenang, masih ada lagi pesona alam serupa yang bisa kamu rasakan di sini. Berada di bawah kaki Gunung Sumbing, kamu akan disuguhi air terjun dan hamparan hijau lahan pertanian di Curug Silawe.

Untuk menikmati keindahannya bukan disaksikan dari ketinggian, melainkan merasakan secara langsung dengan melewati anak tangga yang tak terlalu menanjak. Seketika, terasa sejuknya sampai ke tulang-tulang!

4. Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan
Hutan Pinus Kragilan

Terletak di sebelah barat lereng Gunung Merbabu, Hutan Pinus Kragilan menyajikan panorama alam asri hamparan pohon pinus. Keindahan yang ditawarkan dari tempat ini mampu menarik perhatian wisatawan lokal, baik untuk sekadar menghilangkan penat maupun dijadikan ide spot foto.

Selain itu, ada pula aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti santai di hammock hingga ayunan. Pokoknya, seru banget kalau meluangkan waktu buat berkunjung ke Hutan Pinus Kragilan ini.

5. Punthuk Setumbu

Lukisan alam golden sunrise punthuk setumbu borobudur magelang (Foto: Istimewa)
Lukisan alam golden sunrise punthuk setumbu borobudur magelang (Foto: Istimewa)

Awalnya, Punthuk Setumbu merupakan perbukitan dis ekitar kawasan Candi Borobudur berlatarkan lahan pertanian milik warga sekitar. Namun, ada warganet yang mengabadikan area ini dan mengunggahnya di media sosial, sehingga langsung viral.

Tempat ini terletak di gugusan Bukit Menoreh. Hingga kini, tempat wisata ini ramai dikunjungi karena memiliki pesona alam yang sayang kalau dilewati.

6. Mangli Sky View

Salah satu spot foto di Mangli Sky View Kaliangkrik (Foto: @firliparliningtyas )
Salah satu spot foto di Mangli Sky View Kaliangkrik (Foto: @firliparliningtyas )

Mangli Sky View berada di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian mencapai 1.570 meter di atas permukaan laut. Selain udaranya yang sejuk, tempat ini berlatarkan pemandangan gunung serta hijaunya tanaman milik para petani sekitar.

Tidak bisa dipungkiri, panorama alam wisata ini bikin enggan beranjak pulang. Tempat wisata ini pun menyediakan camping ground, gak perlu khawatir kalau kamu berencana buat berwisata ke sini karena Mangli Sky View beroperasi selama 24 jam.

7. Silancur Highland

KEREN : Wisata Silancur Highland menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. (Foto : instagram)
KEREN : Wisata Silancur Highland menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. (Foto : instagram)

Pesona alam Gunung Sumbing masih bisa kamu rasakan di Silancur Highland karena letaknya di bawah kaki gunung. Suasananya sangat sejuk dan asri berkat dikelilingi taman bunga. Selain itu, di sini juga ada gardu pandang untuk menikmati keindahan alam.

Jika kamu belum puas akan kecantikan alamnya, di sini juga terdapat Air Terjun Sikencling Dampit yang jaraknya tidak terlalu jauh. Asli, bakal jadi salah satu momen paling berkesan kala berkunjung ke Silancur Highland.

8. Air Terjun Grenjengan Kembar

Dua air terjun berdampingan dinamakan grejegan kembar di Pakis (Foto--@ayherlinda)
Dua air terjun berdampingan dinamakan grejegan kembar di Pakis (Foto–@ayherlinda)

Sama seperti julukannya, wisata alam ini memiliki dua aliran air terjun kembar yang letaknya berada di bawah lereng Gunung Merbabu. Pancuran airnya tak terlalu deras dan gak terlalu tinggi, sehingga para wisatawan bisa berenang dan mandi.

Memberikan kesejukkan udara menenangkan dengan view yang bagus, sehingga kurang afdal kalau gak mengabadikan panorama alamnya lewat bidikan kamera milikmu. Dijamin bikin iri, deh!

9. Air Terjun Sekar Langit

KEREN: Pengunjung air terjun sekar langit sedang berfoto dengan latar belakang air terjun sekar langit (Foto: @lovemagelang)
KEREN: Pengunjung air terjun sekar langit sedang berfoto dengan latar belakang air terjun sekar langit (Foto: @lovemagelang)

Dari beberapa air terjun yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi pesona keindahan air terjun yang wajib ditelusuri ketika berwisata alam di Magelang. Dikenal sebagai salah satu asal-usul terjadinya legenda Jaka Tarub, hal ini menjadikan kisah menarik oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Air Terjun Sekar Langit.

Selain terkenal dengan cerita menarik, air terjun di lereng Gunung Telomoyo ini pun menyuguhkan pemandangan menawan. Air terjunnya jatuh dari ketinggian 25 meter dengan panorama alam sekitar yang bikin betah berlama-lama.

10. Svargabumi

Wisata Svargabumi Borobudur
Wisata Svargabumi Borobudur (foto : @svargabumi)

Tempat wisata alam satu ini menawarkan keasrian hamparan persawahan. Selain itu, terlihat pula kemegahan arsitektur bangunan Candi Borobudur yang menakjubkan.

Svargabumi menjadi tempat wisata tergolong masih baru, namun paling seru untuk dijadikan sebagai salah satu spot foto. Berlatar belakang unsur alam serta budaya modern yang banyak digandrungi, seru banget!

Tak perlu diragukan lagi, tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah, ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Yuk, mari lestarikan alam di sekitarmu agar generasi penerus bisa turut merasakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: