Seluruh Wisata Air Di Kabupaten Magelang Belum Boleh Beroperasi, ini Alasan Pemkab

BNews–MUNGKID– Menyambut tatanan kenormalan baru beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang diketahui sudah buka setelah ijin turun. Namun, khusus untuk obyek wisata air belum diperbolehkan beroperasi atau buka.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso saat hadir dalam konferensi pers kemarin (9/9/2020).

Ia menyebutkan bahwa kebijakan tersebut didasari instruksi Gubernur Jawa Tengah, bahwa wisata air masih belum diizinkan dibuka kembali. Yakni Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman bagi Masyarakat dalam persiapan menuju pemulihan Covid-19.

 “Hingga saat ini baru kurang lebih 35 destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang telah dibuka kembali. Hal ini dikarenakan ijin dari Gugus Tugas Kabupaten sudah turun, kecuali wisata air,” katanya.

Diungkapkannya, untuk objek wisata air diantaranya kolam renang, water boom, pemandian air hangat, umbul, arung jeram dan wahana air lainnya. Intinya yang memiliki kontak langsung.

“Mereka belum diizinkan beroperasi lebih dulu sampai ada peraturan atau regulasi lebih lanjut,” tegasnya.

Iwan mengaku pihaknya terus berkoordinasi dengan pemangku terkait dan provinsi. “Sampai sekarang instruksi gubernur itu belum dicabut dan dievaluasi. Tetapi memang untuk wisata tersebut belum diizinkan. Kami menyesuaikan dengan itu,” paparnya.

Lanjut Iwan, pihaknya sudah membuat Surat Keputusan Kepala Dinas Nomor 37 Tahun 2020. Hal ini tentang pedoman teknis kesiapan tatanan kenormalan baru yang berdasar dari Instruksi Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Dasarnya belum dicabut (instruksi gubernur), sehingga kami, wisata air belum diizinkan untuk operasional,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: