Serunya Turnamen Panahan Di Muntilan Untuk Meriahkan Bulan Suci Ramadhan

BNews–MAGELANG-– Turnamen Panahan digelar oleh Bambu Runcing Archery Club (BAC) di Muntilan Senin malam (3/5/2021). Hal ini digelar untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1442 H dan memasyarakatkan olah raga Panahan di Magelang.

 BAC  yang bermarkas di Muntilan ini menyelenggarakan turnamen yang diikuti oleh para penggiat olah raga pahanan  di venue BAC. Yakni di Dusun Ponalan Desa Tamanagung Muntilan.

Acara turnament sendiri diikuti oleh kurang lebih 43 pemanah yang berasal dari wilayah Kabupaten Magelang.

Para peserta rata -rata menggunakan busur jenis horsebow. Meskipun pihak panitia memberikan kebebasan dalam pemilihan busur; seperti standar bow maupun recurve.

Hal itu karena acara tersebut hanya untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan saja dan bukan turnament resmi dari organisasi resmi.

Menurut Triyono Aswad selaku ketua penyelenggara dan ketua BAC bahwa acara ini penting untuk menunjukkan eksistensi para pecinta olah raga panahan. Khususnya di Muntilan dan di Magelang pada umumnya.

“Hal ini dilakukan juga karena BAC sendiri sudah masuk verifikasi di Organisasi Perdana Jateng. Dimana Perdana sendiri merupakan anak dari Pordasi ( Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia ). Dimana itu organisasi dibawah KONI yang membidangi olah raga panahan dan berkuda,” katanya.

Selain mempunyai nilai olah raga dan sunah Panahan, hal ini juga menjanjikan ekonomi kreatif dalam bidang kerajinan. “Seperti para anggota bisa membuat arrow maupun jenis-jenis bow. Dan rata-rata yang dipakai dalam pertandingan malam ini adalah buatan sendiri,” imbuhnya.

Triyono juga menyontohkan bahwa ada sesepuh BAC bernama Agus Nurman Santoso, yang  seorang arrow maker ini memiliki produk istimewa. Dimana pasarannya tembus ke Eropa, Amerika maupun timur tengah.

“Produknya yang istimewa dan khas adalah arrow tonkinnya,” ujarnya.

Sementara diketahui sendiri, Triyono Aswad juga seorang pengrajin bow dan merambah arrow bersama teman-teman di Dusunnya.

“Bagi yang tertarik dengan olah raga ini bisa menyambangi di markas BAC yaitu Dusun Ponalan Desa Tamanagung,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: