Siang ini Biksu Thudong Akan Tiba di Candi Borobudur, Penyambutan Akan Digelar

BNews-MAGELANG- Jelang moment Hari Raya Waisak, perjalanan spiritual etape terakhir para biksu thudong akan sampai di tujuan Candi Borobudur hari ini (20/5/2024). Mereka akan berjalan dari Kelenteng Liong Hok Bio Magelang.

Rencananya para biksu thudong akan disambut di Candi Borobudur nanti pukul 14.30 WIB.

Terpantau, Senin (20/5) sekitar pukul 06.00 WIB, para biksu thudong sedang membaca paritta (doa) di Kelenteng Liong Hok Bio Magelang, diikuti umat Buddha lainnya.

Sekitar pukul 08.15 WIB, para biksu thudong mulai melanjutkan berjalan kaki menuju Candi Borobudur.

Para biksu thudong diperkirakan tiba di Balai Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, pada pukul 11.00 WIB untuk makan siang. Setelah makan siang, mereka melanjutkan jalan kaki menuju Candi Borobudur.

“Ini pembacaan paritta (doa bersama), nanti dilanjutkan makan pagi para bhikkhu. Jam 8 berangkat ke Borobudur,” kata Gunawan, Wakil Ketua Harian Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang (20/5/2024).

“Diperkirakan sampai sana jam 11 untuk makan siang. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Marga Utama Candi Borobudur,” imbuh Gunawan.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA DISINI (KLIK)

“Hari ini merupakan etape terakhir. Besok (Selasa) para bhikkhu akan mengikuti pengambilan api dharma di Mrapen,” ujar Gunawan.

Terpisah, Juru Bicara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Ryan Eka Permana Sakti mengatakan para biksu thudong akan memasuki Candi Borobudur melalui gerbang Kalpataru.

“Disambut manajemen InJourney Destination Management (TWC), InJourney Group, dan Pimpinan Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia). Para Bhikkhu akan berjalan menuju atas Candi Borobudur dengan diberikan bunga sedap malam,” kata Sakti melalui pesan singkatnya.

“Hanya umat yang akan mendampingi para Bhikkhu hingga atas candi. Prosesi ibadah dan pradaksina (berjalanan keliling sesuai arah jarum jam) akan berlangsung kurang lebih selama 1 jam,” katanya.

Sakti menambahkan, para bhikkhu dan umat yang naik ke Candi Borobudur sejumlah kira-kira 150 orang yang telah ditentukan Walubi dan Panitia Thudong. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!