Siap Bangkit, Pelaku Wisata di Magelang Telah Divaksin

BNews—MAGELANG— Polres Magelang menggelar Vaksinasi Merdeka Candi dengan sasaran para pelaku wisata di Magelang. Kegiatan digelar di Pendopo drh. Soepardi, Mungkid pada hari ini, Kamis (5/8/2021).

Kasie Dokkes Polres Magelang, Iptu Sapto Haryono mengungkapkan bahwa vaksin ini merupakan dosis pertama. Berdasarkan data, sasaran penerima vaksin sebanyak 1300 orang pada hari ini.

“Mereka mendaftar di pedulilindungi kemudian baru mendaftar ke Polres Magelang. Untuk vaksinasi ini dilaksanakan selama sembilan hari dengan sasaran secara keseluruhan sebanyak 16 ribu orang,” ungkapnya.

Selain pelaku wisata, lanjut Sapto, sasaran Vaksinasi Merdeka Candi yakni pondok pesantren, ormas, ojek online, difabel, pelayan toko dan lain sebagainya.

“Vaksin ini menggunakan Sinovac. Untuk dosis kedua akan dilaksanakan di Gerai Vaksinasi Presisi Polres Magelang,” imbuhnya.

Forum Destinasi Wisata (DTW) Kabupaten Magelang pun menyambut baik pemberian vaksinasi Covid-19 untuk para pelaku wisata ini.

”Pelaku wisata di Kabupaten Magelang mendapat vaksin Covid-19 dari Polres Magelang di sini (Pendopo drh. Soepardi) dan di Puskesmas Mungkid dari Pemkab Magelang,” kata Ketua DTW Magelang, Edward Alvian atau yang akrab disapa Ian, Kamis (5/8/2021).

Dengan adanya vaksinasi untuk pelaku wisata ini, kata Ian, merupakan salah satu ikhtiyar dalam menghadapi pandemi Covid-19.

”Harapan kami dengan vaksinasi ini, teman-teman pelaku wisata lebih percaya diri. Kemudian dari sisi wisatawannya, ketika mereka tau bahwa pelaku wisata di Kabupaten Magelang sudah divaksin, bisa lebih percaya diri untuk berwisata,” ujarnya.

”Kami juga berharap, geliat pariwisata di Magelang bisa bangkit lagi. Begitu juga sektor ekonomi bisa pulih kembali,” sambungnya.

Terkait PPKM di Kabupaten Magelang hingga 9 Agustus mendatang, Ian menyebut bahwa hal tersebut sangat berdampak pada pelaku wisata.

”Jujur dengan adanya PPKM ini makin memperburuk keadaan kami, pelaku wisata,” ujar dia.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dia pun berharap, vaksinasi dapat digenjot oleh pemerintah sehingga PPKM bisa segera selesai. ”Sektor pariwisata dapat dibuka kembali. Meski dengan pembatasan, kami siap. Kami berharap jangan ditutup kembali,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein mengungkapkan, vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi para pelaku wisata dari paparan virus corona.

”Apalagi bila nanti objek wisata sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali,” ungkap dia.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terkait wisata di Kabupaten Magelang. ”Kegiatan-kegiatan untuk peningkatan SDM benar-benar kita fokuskan. Guna mempersiapkan bila nanti objek wisata boleh dibuka,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: