Temukan Penyimpangan Penyaluran Bansos, Laporkan Melalui Fitur Satu ini

BNews—MAGELANG—Belum lama ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI meluncurkan aplikasi Jaga Bansos. Guna melaporkan dugaan penyimpangan atau penyalahgunaan bantuan sosial dalam penanganan pandemi Covid-19.

Masyarakat dapat melaporkan melalui website Jaga Bansos di https://jaga.id/ atau mengunduh aplikasinya di sistem Android atau iOs. Melalui itu, dapat mengadukan jika di lapangan mendapati penyaluran yang tidak sesuai ketentuan.

“Masyarakat dapat memantau dan menyalurkan pengaduan kepada Inspektorat Kabupaten atau Kota melalui https://jaga.id/,” Kata Inspektur Kota Magelang, Sumartono, kemarin (22/6/2020).

Tak hanya untuk melaporkan dugaan penyimpangan, lanjut dia, fitur tersebut juga menyediakan informasi mengenai bansos. Dengan demikian potensi terjadinya tindak pidana korupsi dapat dicegah sejak dini.

Sementara itu,Walikota Magelang Sigit Widyonindito, mengapresiasi adanya fitur tersebut sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyelewangan dana bansos. Apalagi ditengah pandemi Covid-19, banyak warga yang terdampak hingga membuat kesulitan ekonomi.

“Karenanya, kita dorong masyarakat untuk aktif mengawasi dan jangan segan melapor apabila memang ada penyaluran bansos yang tidak sesuai. Fitur ini memudahkan agar bansos tepat sasaran,” kata Sigit.

Diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah memberikan beberapa bansos regular. Berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Loading...

Sementara di tingkat daerah, bansos juga diberikan dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota yang bersumber dari realokasi APBD. Ditengah pandemi, setidaknya ada beberapa jenis bantuan seperti Kartu Sembako, Bansos Sembako, Bansos Tunai, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan Kartu Prakerja. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: