Ternyata Ini Penyebab Kebakaran Gunung Andong

BNews—MUNGKID— Lahan seluas 4,5 hektar di petak 2601 Gunung Andong terbakar kemarin sore (13/9). Sebanyak enam titik api dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Magelang.

Menurut informasi yang diposting akun instagram @infoandong, bahwa titik api awal diketahui dari Dusun Temu Desa Jogoyasan Kecamatan Ngablak Magelang. “Hal itu diketahui sekitar pukul 17.00 wib pada hari Jumat,” tulisnya.

Selanjutnya titik api meluas hingga ke kawasan Dusun Sijaran dan Dusun Daru. “Karena disertai angin kencang, api terbawa angin ke arah selatan membakar rumput kering,” kutipnya.

BACA JUGA : Siap-siap Tes CPNS Akan Segera Digelar

Mengetahui hal ini, tim pemadaman yang berjumlah 112 orang pun diturunkan ke lokasi kejadian Gunung Andong. Tim terdiri dari dari relawan basecamp Sawit, relawan basecamp Gogik, Perhutani RPH Pagergunun, Kanit Binmas Polsek Ngablak, Baninsa Ngablak, relawan Grabag, dan warga Desa Jogoyasan.

“Hingga pukul 19.30 WIB, api di hutan Gunung Andong berhasil dipadamkan tim relawan,” lapornya.

Dari informasi dari postingan akun @infoandong, sumber api berasal dari orang yang membakar ranting di tanah kemudian merembet ke hutan. “Meski begitu, jalur pendakian Gunung Andong tetap dibuka hingga saat ini,” pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: