Tips Agar Puasa Bisa Berjalan Lancar, ini Yang Harus Dipersiapkan

BNews–TIPS-– Bulan Ramadhan segera tiba, tinggal menunggu hitungan jam akan tiba waktu sahur pertama awal puasa. Dan bagi umat muslim khususnya di Indonesia sudah mulai mempersiapkan segala kebutuhan.

Selain dari segi spiritualitas, persiapan puasa Ramadan juga menyentuh sisi kesehatan dan stamina tubuh. Bagaimana tidak, selama berpuasa, waktu makan dan waktu tidur Anda tentu akan berubah.

Jika tidak menyiapkan diri dengan baik, bisa-bisa puasa Ramadan Anda akan terasa sangat sulit untuk dilalui. Akibatnya, entah tubuh Anda bisa jadi terasa sangat lemas, mengantuk berat, serta keluhan lainnya yang berpotensi mengganggu produktivitas.

Tentu Anda tak ingin hal tersebut dapat terjadi. Agar puasa Ramadan tahun ini dapat berjalan lancar dan tanpa masalah,berikut Borobudurnews.com merangkum persiapan yang perlu dilakukan berikut ini.

1.Makan makanan yang sehat dan bergizi

Salah satu persiapan puasa Ramadan adalah menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Upayakan untuk memenuhi asupan nutrisi sehat dan bergizi.  Asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu.

2.Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Bagi orang yang melaksanakan puasa, makan hidangan yang berminyak, bercita rasa asin, dan mengandung tinggi gula tentu rasanya menyenangkan. Meskipun makanan-makanan tersebut dapat memanjakan lidah dalam waktu sesaat, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Selain kenaikan berat badan dengan mudah, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Anda juga perlu membatasi makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

3.Memperbanyak asupan air putih

Langkah persiapan puasa Ramadhan berikutnya adalah memperbanyak asupan air putih. Minum banyak air putih bertujuan untuk mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa, terutama saat waktu sahur dan berbuka puasa. Cairan termasuk jus, susu, makanan berkuah, juga dapat membantu memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tetapi air putih tetap pilihan minuman terbaik. Namun, asupan cairan yang harus dihindari  adalah minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman soda. Sebab, jenis minuman tersebut memiliki efek diuretik atau dapat menyebabkan buang air terus menerus sehingga meningkatkan kehilangan cairan dalam tubuh Anda.

4. Pastikan tidak melewati waktu sahur

Salah satu hal yang disarankan dalam menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Sebab, dengan makan sahur tubuh akan memiliki tenaga untuk bertahan hingga waktu berbuka puasa tiba saat sore hari. Sahur memiliki peran penting untuk membuat tubuh tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai kegiatan selama seharian penuh.

5. Jangan makan berlebihan saat waktu buka puasa

Hindari makan berlebihan saat waktu buka puasa, karena dapat berisiko membahayakan tubuh Anda, dan menyebabkan gangguan pencernaan dan peningkatan berat badan.

6. Mengubah pola tidur

Jika kualitas tidur Anda masih saja buruk menjelang puasa pertama, berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi.  Untuk itu, memperbaiki waktu tidur menjadi salah satu persiapan puasa Ramadan yang perlu dilakukan. Ini berlaku bukan hanya untuk hari pertama, melainkan juga untuk hari-hari selanjutnya.

7. Melakukan olahraga

Persiapan Ramadan tidak hanya dari asupan makanan atau pola tidur, melainkan juga perlu didukung oleh aktivitas fisik atau olahraga.  Lakukanlah olahraga dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Misalnya, dengan melakukan jalan santai, yoga ringan, peregangan ringan, atau hanya sekadar melakukan pekerjaan rumah tangga.

(*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: