Tips Membuat Acar Mentimun Segar Yang Belum Banyak Diketahui

BNews—NASIONAL—Masyarakat Indonesia sering menyajikan acar mentimun yang masih segar untuk disajikan dengan berbagai macam hidangan. Seperti sate daging, mie goreng maupun nasi goreng.

Cara membuatnya pun tergolong mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa acar tetap lezat dan segar. Berikut tips membuat acar yang segar dan lezat.

Gunakan sayuran yang segar

Pada umumnya, acar berasal dari sayuran yang difermentasikan. Karenanya gunakanlah sayuran yang benar-benar segar.

Pilih mentimun yang masih muda dan segar sehingga tidak terlalu banyak biji. Selain itu, wortel, bawang merah, cabai, dan bahan lainnya juga harus dalam keadaan segar.

Cuci bersih semua sayuran

Pastikan sayuran sudah dicuci dengan baik. Hal ini sangat penting terutama untuk acar yang mentah.

Loading...

Salah satu caranya dengan mencuci sayuran dengan air garam. Untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada kulit sayuran.

Perhatikan komposisi bumbu

Acar harus mempunyai rasa manis dan asam. Acar yang terlalu asam terasa kurang nikmat, namun jika kurang asam juga bukan acar namanya.

Anda bisa menggunakan air lemon atau air jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama

Rendam minimal 30 menit

Setelah semua sayuran diiris dan bumbu siap, pastikan semua sayuran direndam dengan bumbu. Dalam tahap ini, acar masih belum bisa langsung dikonsumsi.

Acar perlu didiamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam agar bumbu bisa benar-benar meresap ke dalam sayuran sebelum dikonsumsi. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: