Viral….Website Open Data Pemkab Magelang Buka Data NIK dan Nomer KK Warganya

BNews—MAGELANG— Heboh di media sosial tentang website open data Pemerintah Kabupaten Magelang. Lantaran di website itu dinilai telah menampilkan data pribadi beberapa warga Kabupaten Magelang, seperti nomor KK dan NIK.

Informasi terkait open data Pemkab Magelang ini diunggah oleh pengguna akun Facebook @Happy Firmansyah. Dalam unggahannya, nampak tangkapan layar data warga salah satu desa di Kecamatan Secang. Seperti nomor KK dan NIK.

”Wah Magelang baik sekali open data dan boleh digunakan teman-teman,” tulisan dalam unggahan itu.

BorobudurNews mencoba mengakses website open data Kabupaten Magelang tersebut pada Minggu (6/6/2021) sekira pukul 15.10 WIB. Yakni di situs http://www.opendata.magelangkab.go.id/dataset.

Usai dicoba untuk melakukan pencarian data penduduk, ternyata benar. Terdapat data hingga tingkat desa untuk identitas penduduk lengkap dengan nomor KK dan NIK.

BorobudurNews mencoba membuka data beberapa desa, namun berdasarkan pencarian BorobudurNews, tidak semua data identitas penduduk tersedia. BorobudurNews menemukan data identitas penduduk beberapa desa.

Data tersebut dalam bentuk dokumen dalam bentuk file xls, Excel. Bahkan bisa diunduh secara bebas.

Sementara keterangan dalam website tersebut, menurut Open Knowledge Foundation, open data adalah data yang dapat digunakan secara bebas serta digunakan dan didistribusikan ulang oleh siapa saja. Definisi open data dapat diringkas sebagai berikut.

Ketentuan data di open data adalah :

1. Ketersediaan dan akses (Availability and Access) yaitu Data harus tersedia secara penuh, diutamakan dapat diunduh melalui internet.

2. Data juga harus tersedia dalam bentuk yang tepat dan dapat dimodifikasi. Digunakan kembali dan didistribusikan ulang (Re-use and Redistribution).

3. Data harus dibawah ketentuan yang mengizinkan penggunaan kembali dan pendistribusian ulang termasuk menggabungkan dengan set data lain.

4. Setiap orang dapat menggunakan, menggunakan ulang, dan mendistribusikan tanpa adanya diskriminasi. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: