VIU, Layanan Film Streaming Ajak Remaja Magelang Jadi Sineas

BNEWS—TEMPURAN— Viu, sebuah layanan streaming hiburan terkemuka mengumumkan Viu Shorts! Musim Kedua. Langkah tersebut mengikuti keberhasilan Musim Pertama. Musim Kedua akan mengembangkan talenta kreatif di 20 kota Indonesia, termasuk di Magelang.

Supervisor Marketing Viu, Myra Suraryo mengatakan, Viu merupakan layanan hiburan streaming terdepan dengan 36 juta pengguna aktif bulanan. Dioperasikan oleh PCCW Media Group yang tersedia di 16 pasar. Selain Indonesia, ada Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, Afrika Selatan, UEA, Arab Saudi, Mesir , Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Oman dan Qatar.

”Viu Originals menghadirkan kisah-kisah menarik dengan kualitas produksi kelas dunia. Juga memberikan kesempatan bagi talenta lokal untuk memamerkan keterampilan mereka di panggung dunia,” kata Myra, dalam keterangan pers yang diterima Borobudur News, Rabu (8/1).

Viu menceritakan, dimulai pada 2018, Viu Shorts Musim Pertama merupakan inisiatif sukses yang menghasilkan pembuatan 17 film pendek lokal. Didistribusikan secara global melalui platform Viu dan menjadi viral di media sosial.

Tidak hanya itu, film pendek hasil dari Viu Shorts! Musim Pertama juga ditayangkan secara internasional di ajang Marché du Film dan  Cannes Film Festival 2019. Pada penghujung rangkaian inisiatif Viu Shorts! Musim Pertama, Viu memberikan beasiswa.

”Viu memberikan beasiswa kepada peserta berbakat dari Cilegon, Banten untuk melanjutkan pendidikan Sinematografi selama empat tahun di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dan berkesempatan bekerja paruh waktu bersama tim Viu Original,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pihaknya merasa senang dengan hasil program Viu Short! Musim Pertama yang mengarah pada penemuan 17 sutradara muda berbakat. Lebih dari 500 talenta muda kreatif bidang film dan satu sarjana film dari 17 kota di seluruh Indonesia. Inisiatif Viu Shorts! di Indonesia sangat penting bagi kami dan merupakan komitmen kami untuk membangun ekosistem talenta kreatif Indonesia

”Pada Viu Shorts! Musim Kedua, kami meningkatkan tingkat partisipasi. Baik dalam hal jumlah kota dan peluang yang diberikan. Kami sangat senang dan berharap dapat menyebarkan lebih banyak lagi kisah lokal Indonesia ke pemirsa global melalui Viu Shorts! Musim Kedua,” harap Myra.

Sambung Deputi 2 Akses Permodalam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Fadjar Hutomo, Viu berperan besar dalam pengembangan. Utamanya sektor ekonomi krratif untuk sub-sektor film anak muda pencipta konten melalui inisiatif Viu Shorts!. Tahun 2020, pihaknya memperluas dukungan terhadap Viu Short! Musim Kedua.

”Kami mendukung dan mendorong filmpreneur dikalangan milenial di 20 kota di Indonesia” jelas Fadjar.

Melanjutkan tema ’Mitos Lokal Indonesia’, ada 20 kota dan kabupaten yang akan menjadi tujuan program Viu Shorts! Musim Kedua. Diantaranya Magelang, Klungkung, Atambua, Mataram, Majalengka, Cilacap, Kendal, Magelang, Kulon Progo, Solo, Salatiga, Batu, Natuna, Dairi, Sangata, Ambon, Palu dan Rote.

Selain itu, beberapa Sekolah Menengah Atas terbaik di tiga kota lain, seperti SMA Tarakanita 1 Jakarta, SMAK Penabur Kota Tangerang dan SMPK Penabur Summarecon Bekasi telah mengadopsi Viu Shorts! sebagai kegiatan ekstrakurikuler tahun akademik 2019-2020. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: